FIBA BCL Asia 2024 : Pelita Jaya Menang Telak Atas Matrix Malaysia, Selanjutnya Prawira Harum

Fiba BCL 2024 : Pelita Jaya 94-79 NS Matrix
Fiba BCL 2024 : Pelita Jaya 94-79 NS Matrix (Foto : FIBA)

Antv – Hasil pertandingan ronde kedua Basketball Champions League (BCL) Asia Qualifiers di pertandingan pertama Tim asal Indonesia, Pelita Jaya Basketball menang telak atas NS Matrix Deers Malaysia dengan skor 94-79 di Britama Arena, Jakarta, Selasa 23 April 2024.

Pelita tidak pernah dalam posisi tertinggal sejak tip-off. Mereka mengamankan satu kemenangan di ronde penting ini.

Tiga dari lima inti Pelita Jaya menyelesaikan laga dengan double digit points. Dipimpin oleh Kevin Ornell Champan Mc Daniels denga 24 poin, tujuh rebound, dan empat assist. JaQuori Mc Laughlin mengemas 21 poin. Kemudian Andakara Prastawa Dhyaksa 16 poin, dengan empat kali three point dari 10 attempt.

Sedangkan dari bangku cadangan, Justin Brownlee membukukan 11 poin. Secara keseluruhan, Pelita Jaya kali ini bisa menang karena bermain cepat dengan akurasi yang baik. Mereka mampu mencetak 22 poin dari fast-break. Kemudian memasukkan 38 tembakan dari 72 attempt, termasuk 13 three point.

Namun yang menjadi catatan adalah di paint area. Matrix mencuri 21 poin dari second chance, di saat mereka bisa merebut 21 offensive rebound. Matrix unggul rebound dengan perbandingan 46-41. Pelita Jaya mencuri start, dengan keunggulan 9-2 dalam dua menit setelah tip-off.

Mereka terus menekan pertahanan Matrix dan unggul 27-16 di akhir kuarter pertama. Lalu saat turun minum, Pelita Jaya tetap memimpin dengan jarak 10 angka (50-40). Matrix mulai menyerah di sisa tiga menit terakhir, setelah M. Reza Fahdani Guntara mengeksekusi tembakan tiga angka dengan memanfaatkan assist Brownlee.

Dengan margin 16 angka (75-91) mustahil bagi Matrix bisa mengejar di sisa waktu yang ada. Pada laga ini, Chun Hong Ting mencetak 24 poin dengan enam kali three point dari 12 attempt. Sedangkan Jordan Tolbert menyelesaikan laga dengan double-double 16 poin dan 13 rebound. Lewat kemenangan ini, maka Pelita Jaya berada di peringkat pertama klasemen Grup A Ronde 2 dengan rekor 1-0. Di gim kedua, Rabu, mereka akan berhadapan dengan sesama wakil dari Indonesia, Prawira Harum Bandung.