Jelang Semifinal AFF, Indonesia Punya Rekor Fantastis Lawan Vietnam

Indonesia masuk semifinal kalai ke-10 di edisi Piala AFF 2022
Indonesia masuk semifinal kalai ke-10 di edisi Piala AFF 2022 (Foto : AFF)

Antv – Timnas Indonesia akan berjumpa Vietnam dalam babak semifinal Piala AFF 2022. Pertemuan Indonesia vs Vietnam di ajang Piala AFF akan diulas disini.

Indonesia dipastikan melaju ke babak semifinal, usai di laga terakhir mengalahkan Filipina 2-1. Dengan demikian Indonesia menempati runner up Grup A, dibawah Thailand yang keluar sebagai juara grup. Thailand dan Indonesia sebenarnya sama-sama mengoleksi 10 poin, hanya saja Thailand unggul selisih gol.

Sedangkan Vietnam dipastikan keluar sebagai juara Grup B, usai di laga terakhir membantai Myanmar 3-0. Vietnam mengumpulkan 10 poin sebagai juara Grup B dan Malaysia dengan 9 poin sebagai runner up grup.

Babak semifinal menggunakan sistem home & away, dan Indonesia bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama, Jumat 6 Januari 2023 pada pukul 16.30 WIB di Stadion Utama, Gelora Bung Karno, Jakarta. Leg kedua akan berlangsung di markas Vietnam, Senin, 9 Januari 2023.

Total kedua tim sudah 10 kali bertemu di Piala AFF sejak 26 tahun lalu. Pertemuan pertama terkadi pada 11 September 1996, kedua tim bermain imbang 1-1 di kandang Vietnam.

Namun dari 10 pertemuan di ajang Piala AFF, Indonesia menang tiga kali, lalu enam partai berakhir imbang dan hanya sekali menelan kekalahan. Artinya Timnas Indonesia punya rekor lebih bagus dalam pertemuan di Piala AFF.