Rildo Optimistis Indonesia Bertahan Di Grup II Piala Davis

Rildo Ananda Anwar Ketum PP Pelti
Rildo Ananda Anwar Ketum PP Pelti (Foto : Media PP Pelti)

Antv – Ketua Umum PP Pelti, Rildo Ananda Anwar mengungkapkan keyakinannya tim tenis putra Indonesia mampu tetap bertahan di Grup ll Piala Davis, dengan mengatasi tuan rumah Vietnam di pertandingan play off, awal Februari 2023.

"Kami telah melakukan evaluasi setelah kalah lawan tuan rumah Polandia di babak pertama Grup ll pekan lalu," ujarr Rildo di kantor pusat induk organisasi tenis di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (21/9).

Menurut Ketum yang periode pertama kepemimpinannya di Pelti akan berakhir 13 Desember ini, tim Merah Putih memang kalah dari lawan yang materi pemainnya jauh lebih baik. Namun, Christopher Rungkat dkk tidak tampil buruk, termasuk debutan Nathan Anthony Barki, Tegar Abdi Satria Wibowo dan Lucky Candra Kurniawan.

"Malah baik mereka mengalami kekalahan saat ini, jadi tahu apa kurangnya dan punya motivasi untuk berlatih lebih keras untuk mengatasi Vietnam nanti," tambahnya

Setelah  pertarungan di Inowroclaw lalu, Christopher Rungkat langsung terbang mengikuti turnamen ATP Challenger di Braga, Portugal dan Nathan Barki kembali berlatih menempa fisik di Amerika Serikat, sementara M. Rifqi Fitriadi pekan ini juga bertolak ke Vietnam, bertanding di ITF Men's World Tennis Tour M25 di Tay Ninh.

Indonesia menjadi unggulan terakhir atau ke-12 dalam laga play off itu, sedangkan tuan rumah Vietnam merupakan tim promosi dari Grup lll Zona Asia. Pemenang laga play off bakal menghuni Grup Dunia ll sementara yang kalah harus terlempar ke Grup lll Zona Asia.

Dalam sejarah pertemuan di ajang perebutan lambang supremasi tenis beregu putra itu, kedua negara telah bertemu dua kali. Vietnam menyapu dua kemenangan termasuk pada pertemuan di Stadion Tenis Manahan Solo, 2016. Vietnam unggul 3-2.