Muhammad Rifqi Fitriadi 'Tole' Melenggang Ke Semifinal Harum Energy Men's World Tours Tennis 2023

Muhammad Rifqi Fitriadi
Muhammad Rifqi Fitriadi (Foto : Yoyobolatenis/Media PP Pelti)

Antv – Petenis andalan Indonesia, Muhammad Rifqi "Tole" Fitriadi (24) melaju ke semifinal tunggal seri kedua Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023.

Pada babak perempat final, tunggal terbaik Merah Putih itu menggugurkan petenis unggulan keempat asal Jepang, Shuichi Sekiguchi.

Bertanding di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence, Jakarta, Jumat (23/5), ia menang setelah membalikkan keadaan lewat rubber set, 0-6, 6-4, 7-6(5).

Tole tertinggal cukup jauh di permulaan laga. Peringkat tunggal ke-685 dunia ini kehilangan tiga servisnya. Dari enam percobaan break lawan, ia hanya menyelamatkan separuhnya. Sementara itu, lawannya tidak mencatatkan double faults.

"Tidak bisa dipungkiri lagi, lawan memang bermain bagus. Dia melakukan no mistake dari gim satu ke gim keenam. Dari situ, kita enggak bisa nembus pertahanan dia," ujar peraih emas tunggal SEA Games 2023.

Namun, Tole berhasil bangkit pada set kedua. Ia mencuri satu servis lawan saat membukukan tiga kemenangan beruntun pada pertengahan set. Tanpa melakukan sekalipun double faults hingga mampu memaksakan berlangsungnya set pamungkas.

"Setelah set satu selesai, saya ke toilet. Cari cara supaya bisa mengubah permainan. Akhirnya, saya ubah polanya. Dari adu pukulan, yang kenceng-kencengan, bolanya sedikit kita lambatin. Lawan beberapa kali melakukan unforced error. Itu membuat mentalnya sedikit kurang confidence," tutur petenis asal Banjarmasin yang besar di Jawa Timur itu.