Hantam Lazio 1-2 Juventus Unggul Delapan Poin di Puncak Klasemen

20200721_074142
20200721_074142 (Foto : )

antvklik - Dua gol Cristiano Ronaldo mengusung kemenangan Juventus 2-1 atas Lazio, juga mengokohkan Juve di pucuk klasemen Serie A dengan marjin delapan poin. Pada pertandingan pekan ke-34 di Stadion Allianz, Turin, Selasa dini hari (21/7/2020), penalti yang dieksekusi Ronaldo menit ke-51 memecah kebuntuan.

Tiga menit berselang CR-7, menit ke-54, menggandakan keunggulan. Lazio memperkecil kekalahan melalui eksekusi penalti Ciro Immobile menit ke-83. Kemenangan itu membawa Juve memuncaki klasemen dengan menabung 80 poin, unggul delapan poin atas pesaing Inter Milan. Sedangkan Lazio tetap berada di peringkat keempat dengan 69 poin.

Bek Juve Leonardo Bonucci dipaksa bekerja keras sejak awal laga, ketika ia harus memblok umpan terobosan Ciro Immobile yang tertuju kepada Felipe Caicedo. Juve kemudian mencuri peluang dari sundulan Alex Sandro yang masih membentur tiang gawang. Lazio hampir unggul menjelang turun minum, ketika sepakan Ciro Immobile membentur bagian bawah gawang Juve saat Szczesny sudah tidak mampu menghalau bola.

Di awal babak kedua, Juve memiliki peluang dari pergerakan Dybala melewati sejumlah pemain bertahan lawan, Strakosha masih dapat menepis bola untuk membuatnya mengarah ke kaki Ronaldo, namun Manuel Lazzari masih mampu menyapu bola sebelum melewati garis gawang. Beberapa saat kemudian, tangan Bastos mengenai bola tembakan Ronaldo membuat wasit Danilo Orsato menghadiahkan tendangan bebas.

Namun setelah dilakukan peninjauan VAR, terlihat bahwa tangan Bastos berada di dalam kotak terlarang sehingga wasit mengubah keputusannya. Ronaldo yang menjadi eksekutor penalti melesakkan bola ke gawang Lazio meski bola sempat dihalau Strakosha. Tidak lama berselang, bola penguasaan Luiz Felipe dapat direbut Dybala di lapangan tengah. Pemain Argentina itu mengirim umpan yang dimanfaatkan menjadi gol oleh Ronaldo untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Ronaldo hampir mengukir gol ketiga, namun sundulannya dari umpan silang Dybala masih mengenai mistar gawang. Menjelang laga usai, Juve mengendurkan tekanan. Momentum ini dimanfaatkan Lazio untuk balik menekan. Bonnuci tidak menyadari Immobile berlari di belakang dia, dan saat ia berusaha menjauhkan bola justru membuat pelanggaran di dalam kotak penalti. Immobile bertindak sebagai algojo, dan sepakannya berbuah gol yang merupakan gol ke-30 musim ini.