Kolaborasi Eksklusif: Candi Prambanan Bergemuruh Seni Akhir Tahun Melalui Pagelaran Swara Prambanan

Kolaborasi Eksklusif: Candi Prambanan Bergemuruh Seni di Akhir Tahun Melalui Pagelaran Swara Prambanan
Kolaborasi Eksklusif: Candi Prambanan Bergemuruh Seni di Akhir Tahun Melalui Pagelaran Swara Prambanan (Foto : Istimewa)

Antv – Setelah mengumumkan akan diselenggarakannya acara akhir tahun yakni festival Swara Prambanan beberapa waktu lalu, gemuruh keriaan festival tersebut semakin terdengar.

Dalam festival yang mengusung cerita tentang Bukti Cinta Ke-1000 yang diambil dari cerita legenda Roro Jonggrang, penonton akan menikmati senja terakhir 2023 bersama para musisi dan seniman dari Jogja.   
 
Sheila On 7, Shaggydog, Ndarboy Genk, Jikustik, Kunto Aji, dan Jogja Hiphop Foundation dikonfirmasi akan menjadi line-up di Swara Prambanan.

Selain itu, festival yang akan berlangsung di taman wisata Candi Prambanan tersebut juga menjanjikan pengalaman seni luar biasa dengan menghadirkan instalasi seni kolaboratif dan ruang kegiatan budaya bagi para pengunjung.

Pelestarian budaya juga dilakukan dengan pemilihan nama event yaitu “Swara Prambanan”.

Tidak hanya nama yang mudah diingat tetapi terdapat makna di baliknya yaitu Swara yang berasal dari kata suara yang merupakan bahasa sansekerta.
 
Febrina Intan selaku Direktur Utama PT Taman Wisata Candi, mengungkapkan pagelaran Swara Prambanan dapat menjadi event tahunan yang melestarikan budaya Indonesia, khususnya dari kota Yogyakarta, hingga menarik perhatian turis mancanegara.

“Kami ingin Swara Prambanan ini menjadi wadah untuk menampilkan karya-karya hebat seniman Jogja melalui musik, instalasi seni, dan pertunjukan sendratari. Kami juga ingin pengunjung ikut serta berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya kita. Maka, sejumlah aktivitas seru sudah kami siapkan dengan matang. Kami juga ingin menarik turis mancanegara untuk berkunjung ke Jogja dan memperkenalkan budaya Jogja kepada mereka melalui cara yang unik dan ser,” ujar Febrina Intan.
 
Menyambut kehadiran para pengunjung dengan suasana otentik, sebuah instalasi seni berukuran besar karya Wisnu Ajitama terpasang cantik berlatar Candi Prambanan. Berbagai macam tarian tradisional juga siap ditampilkan.

Lalu, berkolaborasi dengan musisi lokal, alunan musik keroncong dari Voice of Citizens (VOC) dan Keroncong Atap diharapkan akan menambah semarak festival ini.