Mengenal Peran dan Pentingnya Publisher di Industri Musik

Diskusi Malem-malem Publishing
Diskusi Malem-malem Publishing (Foto : Instagram/massivemusicent)

Antv – Istilah publisher pasti sudah tidak asing di industri musik, apalagi untuk para pekerja seni yang berkegiatan di dalamnya.

Namun, bagi beberapa orang mungkin belum paham betul mengenai eksistensi atau peranan publisher itu sendiri, utamanya di era serba digital ini.

Belum lama ini, sebuah diskusi bertajuk Malem-malem Publishing baru saja digelar dengan tujuan mengetengahkan deretan pengetahuan mengenai publishing atau publisher itu sendiri.

Adapun, diskusi yang digelar oleh pihak Massive Music Entertainment ini juga mencoba untuk memperkenalkan peranan publisher bagi para pencipta lagu yang ingin memperjuangkan hak-hak ekonomi atas lagu-lagu ciptaannya.

Acara yang berlangsung pada Selasa, 25 Oktober 2023 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan itu menghadirkan Aldri Dataviadi, Franki Indrasmoro (Pepeng) dan Nadya Fatira sebagai narasumber.

Bassist Samsons sekaligus orang yang berkegiatan di dalam Massive Music Entertainment, Aldri Dataviadi, menyebut keberadaan publisher layaknya seorang manajer bagi para pencipta lagu.

“Bisa dibilang publisher itu manajernya pencipta lagu. Dalam artian sederhananya sih iya,” kata Aldri Dataviadi.