youtube channel

Channels

Sempat Ditangkap Karena Kritik Presiden Xi Jinping, Profesor di China Dibebaskan

Sempat Ditangkap Karena Kritik Presiden Xi Jinping, Profesor di China Dibebaskan

Presiden China, Xi Jinping (Foto: Reuters)

Profesor di China yang sebelumnya ditangkap karena menulis esai kritik atas penanganan pandemi corona dan sensor Presiden Xi Jinping telah dibebaskan.

antvklik.com - Seorang profesor di China yang menulis esai kritik atas penanganan pandemi corona dan sensor Presiden Xi Jinping telah dibebaskan. Dia hampir seminggu ditahan atas sebuah tuduhan lain.

Seperti dilansir AFP, Senin (13/7/2020) Xu Zhangrun, seorang profesor hukum di Universitas Tsinghua, dibawa dari rumahnya di Beijing oleh 20 orang lebih pada 6 juli lalu. Penangkapan ini diungkap oleh rekannya.

Saat ini, dia sudah kembali ke rumah pada Minggu (12/7/2020) dan baik-baik saja. hal ini dikonfirmasi oleh dua temannya yang enggan disebutkan namanya.

Dalam sebuah tulisan yang diterbitkan situs web luar negeri, Xu menulis bahwa sistem kepemimpinan di bawah Xi disebut “menghancurkan struktur pemerintahan”. Dia mengatakan kurangnya keterbukaan berkontribusi pada merebaknya virus corona yang muncul pertama kali di China dan kemudian menyebar secara global.

Seorang teman Xu mengatakan kepada AFP pada 6 Juli bahwa seorang pria yang mengaku sebagai polisi menelepon istri profesor itu untuk mengatakan bahwa dia telah ditangkap karena diduga meminta pelacur. Temannya menganggap tuduhan itu sebagai tuduhan “konyol dan tidak tahu malu”.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar