Pemerintah Resmi Tetapkan 1 Syawal 1445 Hijriyah Jatuh Pada Rabu, 10 April 2024

Pemerintah Resmi Tetapkan 1 Syawal 1445 Hijriyah Jatuh Pada Rabu, 10 April 2024
Pemerintah Resmi Tetapkan 1 Syawal 1445 Hijriyah Jatuh Pada Rabu, 10 April 2024 (Foto : Tangkap Layar ANTV)

AntvPemerintah melalui Kementerian Agama menggelar sidang Isbat penentuan awal tanggal 1 Syawal 1445 Hijriyah pada Rabu, 10 April 2024, yang diikuti oleh berbagai ormas agama Islam.

Sidang Isbat dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Sidang dilaksanakan secara daring dan luring dengan meminta keterangan dari 134 lokasi titik pantau di seluruh Indonesia, yang sudah ditetapkan pemerintah.

Hasil dari sidang yang digelar sejak sore tersebut, Pemerintah memutuskan 1 Syawal 1445 Hijriyah atau hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

“Berdasarkan Hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk keterampilan serta adanya laporan hilal yang terlihat. Disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriyah jatuh pada hari Rabu, tanggal 10 april 2024 Masehi. Demikian tadi kawan-kawan media sekalian hasil sidang isbat yang baru saja Kita semua laksanakan. Dan kita sepakati dan tentunya kita berharap dengan hasil isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan bersama-sama dengan penuh sukacita. Mudah-mudahan keputusan ini merupakan wujud kebersamaan umat Islam di seluruh Indonesia baik dalam menjalankan ibadah maupun dalam bermusyawarah bermufakat bermasyarakat di jalanan di dalam naungan tanah air yang sama,” ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, saat menggelar jumpa pers di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa malam, 9 April 2024..

Sidang isbat juga diikuti oleh sejumlah perwakilan ormas dan pejabat, Komsi VIII DPR RI, para pejabat eselon 1 dan 2 Dirjen Bimas Islam, para pimpinan ormas islam atau yang mewakili, para ahli astronomi, perwakilan BMKG.

Sidang Isbat Penetapan Awal Sayawal 1445 Hijriah sendiri digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.