KPU Bandar Lampung Temukan Sejumlah Kotak Suara Pemilu 2024, Rusak

KPU Bandar Lampung Temukan Sejumlah Kotak Suara Pemilu 2024, Rusak
KPU Bandar Lampung Temukan Sejumlah Kotak Suara Pemilu 2024, Rusak (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung menemukan sejumlah kotak suara yang akan digunakan dalam pesta demokrasi Pemilu 2024, rusak, saat dilakukan perakitan kotak suara.

Kerusakan kotak suara berbahan kardus tersebut diantaranya sobek dan sebagian tidak bisa ditutup rapat. Agar tetap bisa digunakan, kotak suara yang rusak diperbaiki dengan cara dilakban dan dilekatkan dengan tali tis.

"Kita masih proses perakitan kotak suara dan surat suara. Saat proses perakitan, terdapat sejumlah kotak suara dalam kondisi rusak," kata Fery Triatmojo, anggota KPU Kota Bandar Lampung, Jumat (5/1/2023).

Total kotak suara yang diterima KPU Bandar Lampung yakni sebanyak 14.440 kotak suara untuk kebutuhan di 2.880 TPS.

"Untuk kotak suara yang sudah selesai dirakit kurang lebih sudah 25 persen dari 14.440 unit," beber Fery.

KPU Kota Bandar Lampung hingga kini masih terus melaksanakan tahap pelipatan surat suara dan perakitan kotak suara di gudang logistik milik Badan Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPPLH) Pemerintah Kota Bandar Lampung.

"Untuk surat suara yang ada di gudang logistik milik KPU, kami telah menyelesaikannya; sedangkan pelipatan surat suara di gudang logistik milik BPPLH untuk daerah pemilihan 1, 2, 3, 6 masih berlangsung," kata dia.

Sebagian besar logistik Pemilu 2024 telah diterima KPU Bandar Lampung, namun saat ini surat suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden serta DPD RI yang belum diterima.

"Berdasarkan informasi, mereka akan melakukan pengiriman serentak untuk dua surat suara itu di tanggal 4 Januari 2024. Kami prediksikan dua atau tiga hari dari itu sudah sampai," tandas Fery.