Kapolda Lampung Cek Persiapan Pengamanan Gereja untuk Pastikan Perayaan Natal Kondusif

Kapolda Lampung Cek Persiapan Pengamanan Gereja untuk Pastikan Perayaan Natal Kondusif
Kapolda Lampung Cek Persiapan Pengamanan Gereja untuk Pastikan Perayaan Natal Kondusif (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvKapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika melakukan pengecekan persiapan pengamanan malam Natal. Pemeriksaan persiapan pengamanan ini untuk memastikan malam perayaan Natal berlangsung kondusif.

Pengecekan persiapan ini dilakukan Kapolda Lampung dengan mendatangi melakukan pengecekan kesiapan pengamanan mulai dari sterilisasi hingga potensi gangguan kenyamanan beribadat umat Nasrani.

Terdapat 38 gereja di Bandar Lampung yang menjadi lokasi perayaan malam Natal.

"Ini pengecekan di awal. Biasanya kita datang dan melihat atau mengunjungi saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah," kata Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, Minggu (24/12/2023)sore.

Namun, pada kegiatan kali ini, dilakukan penekanan pada persiapan pengamanan.

"Kali ini kita mengunjungi persiapan saudara kita yang akan melaksanakan ibadah natal di beberapa gereja," beber Helmy.

Sehingga potensi gangguan bisa terdeteksi sedini mungkin dan segera diatasi. Hasil pengecekan persiapan pengamanan, menurutnya semua berjalan dengan aman dan lancar.

"Bahkan sudah ada beberapa gereja yang telah memulai ibadah. Kita harap bisa berjalan kondusif," ucap Helmy.

Diketahui, Polda Lampung kerahkan ribuan personel untuk menjamin kenyamanan ibadah umat Nasrani selama Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

Tujuan utama Operasi Lilin Krakatau 2023 ini adalah menjamin kenyamanan beribadah umat Nasrani, arus mudik/balik, dan masyarakat yang berwisata di wilayah Provinsi Lampung.

Khusus perayaan Natal, objek pengamanan meliputi 1.050 gereja yang terdiri dari 695 gereja Protestan dan 356 gereja Katolik. Polda Lampung dan jajaran mengerahkan 1.886 personel selama pengamanan ini.