Ini Sembilan Kepala Daerah yang Menerima Penghargaan tvOne, Inovasi Membangun Negeri

Penghargaan tvOne Inovasi Membangun Negeri
Penghargaan tvOne Inovasi Membangun Negeri (Foto : tvone)

Antv – Stasiun televisi tvOne kembali menghelat program penghargaan bertajuk “Inovasi Membangun Negeri” di Studio The Convergence Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan. Sebuah penghargaan yang tercetus khusus diberikan untuk mengapresiasi para kepala daerah di Indonesia.

Penerima penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 tvOne merupakan para pejabat kepala daerah mulai dari Gubernur, Walikota dan Bupati. Totalitas, kontribusi dan hasil kerja keras para kepala daerah terbaik ini sepatutnya mendapatkan apresiasi sebagai kepala daerah berprestasi.

Proses penilaian juga dilakukan dengan menjaga objektivitas dari apa yang telah para kepala daerah lakukan. Sembilan kepala daerah yang menerima penghargaan “Inovasi Membangun Negeri 2023” tvOne adalah:

1. Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital diberikan kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang berhasil meningkatkan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Provinsi Jawa Timur per semester I tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan. Total 39 Pemda di Jatim yang terdiri dari 38 Pemkab/Pemkot dan 1 Pemprov, sebanyak 38 Pemda telah berada pada kategori Digital. Angka ini meningkat pesat sebanyak 34 Pemda dibandingkan Semester II tahun 2022.

2. Penghargaan Peningkatan Pembangunan Sosial diberikan kepada Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi berkat keberhasilan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 69.90 menjadi 70.45 pada tahun 2022. IPM Nasional sendiri pada tahun 2022 mencapai 72,91. Kebijakan Inovasi Pembangunan meliputi: Smart School, Kartu Pendidik Berjaya, Lampung Sehat, dan Alokasi APBD sebesar 20% untuk pendidikan, serta mendorong terbentuknya 15 kabupaten/Kota Layak Anak membawanya menjadi kepala daerah berprestasi.

3. Penghargaan Pengembangan Wisata Geologi diberikan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura atas usaha untuk mewujudkan komitmen Pemerintah Provinsi dalam mendorong upaya penetapan Danau Poso sebagai Pusat Geopark di Sulawesi Tengah.

4. Penghargaan Pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Pendidikan diberikan kepada Bupati Konawe Utara, Ruksamin. Kontribusi luar biasa di bidang pendidikan dilakukannya dengan memberikan beasiswa kepada 2.963 mahasiswa asal daerah Konawe Utara di 99 perguruan tinggi di Indonesia dan sepuluh di China. Bekerja sama dengan 101 Perguruan Tinggi di Indonesia untuk merealisasikan program SPP Gratis bagi mahasiswa asli derah Konawe Utara. Menyusun program pemberian laptop gratis bagi tenaga penajar di Konawe Utara.