70 Tahun Tempo Scan Group Building The Next Frontier

70 Tahun Tempo Scan Group Building The Next Frontier
70 Tahun Tempo Scan Group Building The Next Frontier (Foto : Istimewa)

Antv – Dalam rangka memperingati HUT ke-70, Tempo Scan Group (Tempo Scan) mengusung tema “Building the Next Frontier”, yang merupakan sebuah Manifesto tentang arah dan tujuan perusahaan menyongsong masa depan khususnya pada saat Tempo Scan akan memasuki usianya yang ke 100 tahun atau 1 Abad. 

Selama 70 tahun perjalanan usaha Tempo Scan banyak milestones atau tonggak sejarah serta tantangan yang ditempuh dan berhasil dihadapi oleh perusahaan, setiap milestones tersebut telah membawa Tempo Scan untuk membuka serta merintis New Frontier atau garis batas terdepan yang belum pernah dilalui atau ditempuh oleh perusahaan sebelumnya.  

Termasuk Tempo Scan melaksanakan Go Public di tahun 1994 atau hampir 30 tahun yang lalu, bukan hanya untuk tujuan keuntungan finansial semata namun untuk:

(i) Menciptakan Financial Transparency; menjadi perusahaan publik pertama yang melunasi seluruh hutang luar negerinya di tahun 1999 pada saat ekonomi Indonesia terpuruk;

(ii) Membangun Financial Credibility & Trust; membangun industri dalam negeri melalui 16 fasilitas produksinya ditengah kelesuan ekonomi dan maraknya masalah ketenagakerjaan;

(iii) Menciptakan Domestic Manufacturing Independency; membangun jaringan distribusi yang menjangkau seluruh nusantara ditopang dengan ERP SAP melalui lebih dari 200 Distribution Centers & cabang-cabang;

(iv) Membangun Integrated Logistic Capability; merintis pembangunan industri susu formula dan pertumbuhan anak dengan brand equity domestik/Merah Putih untuk masyarakat ekonomi lemah;

(v) Next Generation Nation Building; membangun Tempo Digital Nusantara termasuk Tempo Scan Home Delivery mobile Apps solution; untuk (vi) Meningkatkan Digital & UMKM Economic Development.          

Rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun Tempo Scan yang jatuh pada tanggal 3 November 2023 diawali dengan memperkenalkan layanan terbarunya melalui salah satu anak perusahaannya, PT. Tempo Digital Nusantara yaitu Mobile App TSHD atau Tempo Scan Home Delivery, yang merupakan platform belanja online melalui aplikasi mobile yang memberikan pengalaman berbelanja yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi konsumen Indonesia.

TSHD diluncurkan pertama kali pada tahun 2020 dalam masa Pandemi COVID-19 dan terus diperkuat dengan hadirnya Mobile App TSHD ini untuk meningkatkan layanan dan jangkauan e-commerce yang lebih luas. Mobil App TSHD ini dikembangkan sepenuhnya oleh karyawan/karyawati Tempo Scan Group yang handal dan kompeten di bidangnya.  

Rangkaian perayaan ulang tahun ini dilanjutkan dengan kegiatan 5K Fun Walk Celebration 70 Tahun Tempo Scan pada hari Minggu pagi tanggal 5 November 2023 yang diikuti oleh Direksi, Management dan sekitar 2000 karyawan/ karyawati Tempo Scan di wilayah Jabodetabek.

Fun Walk tersebut dilaksanakan dengan rute sepanjang 5 KM di area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan dan jalur Car Free Day, Jl. Sudirman, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut Handojo S. Muljadi selaku Presiden Komisaris dan Founder dari Tempo Scan akan melepas peserta, mengikuti Fun Walk dan memberikan pin apresiasi kepada perwakilan karyawan/ karyawati yang telah berkarya beberapa dekade kepada Perusahaan.

“Kami sangat menghargai  kerja keras dan dedikasi 12.000 karyawan/karyawati yang turut membangun Tempo Scan tumbuh berkembang dan berkarya di Indonesia, mewujudkan dan terus memperkuat integrated business ecosystem yang tangguh untuk menghadirkan inovasi produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk masyarakat Indonesia,“ ujar Handojo.  
 
Pada kesempatan tersebut Tempo Scan juga memberikan bantuan CSR berupa produk susu pertumbuhan anak vidoran dan MY BABY Minyak Telon Plus kepada 700 anak yatim piatu dari 7 Panti Asuhan di wilayah Jabodetabek.

Penyerahan secara simbolis diberikan oleh Handojo dan Direksi Tempo Scan kepada 70 perwakilan anak Panti Asuhan tersebut.  

Kegiatan 5K Fun Walk Celebration 70 Tahun Tempo Scan ini juga akan diisi dengan kegiatan senam bersama, hiburan musik serta menghadirkan berbagai macam booth di area Plaza Timur GBK pada tanggal 5 November 2023 dimulai jam 8 sampai jam 10 pagi yang dapat dikunjungi oleh masyarakat yang ingin mendapatkan dan mengenali produkproduk Tempo Scan.

Tempo Scan memulai usahanya sejak 70 tahun yang lalu yaitu diawali dengan berdirinya PT. Perusahaan Dagang Tempo pada tahun 1953 dengan kegiatan usaha sebagai perusahaan penyalur produk farmasi.

Selanjutnya pada tahun 1970 Tempo Scan memulai kegiatan manufaktur dengan membangun pabrik farmasi di bawah PT. Scanchemie dan memulai produksi komersil produk farmasi dalam skala besar, dan seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 1977 Tempo Scan memulai produksi produk kosmetik dan produk konsumen.
Kiprah Tempo Scan dalam industri manufaktur dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas produksi farmasi yang dilengkapi dengan fasilitas modern dan terintegrasi di Cikarang yang mulai berproduksi komersil pada tahun 2006.

Tidak berhenti sampai disini, Tempo Scan saat ini telah memiliki 16 fasilitas produksi di dalam negeri yang memproduksi hampir semua produk-produknya. Fasilitas produksi Tempo Scan yang terakhir dibangun adalah fasilitas produksi Tempo Scan pertama yang memproduksi bahan baku (upstream production facility) untuk susu formula (Infant Formula) dan susu pertumbuhan (Growing Up Milk), yang dibangun di Kawasan Industri East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang, Jawa Barat dan telah diresmikan pada bulan Maret 2023 lalu.  
 
Dalam kiprahnya selama 70 tahun, Tempo Scan telah berhasil memproduksi produk-produk farmasi, consumer products, nutrisi dan kosmetika dengan merek-merek yang lahir dan tumbuh berkembang di Indonesia antara lain melalui ekuitas merek di bawah ini yang menduduki peringkat volume market share terdepan di kategorinya masing-masing:

1. Bodrex yang merupakan ahlinya sakit kepala, telah hadir sejak lebih dari 50 tahun yang lalu dan menjadi obat pilihan masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi, dan berhasil menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia;
2. Hemaviton yang merupakan multivitamin dewasa yang telah hadir lebih dari 40 tahun yang lalu, menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia di segmen stamina.
3. MY BABY Minyak Telon Plus merupakan yang pertama memberikan perlindungan anti nyamuk dan kini menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia, diproduksi oleh Tempo Scan dengan memadukan kekayaan alam Indonesia dengan inovasi terdepan;
4. MY BABY Powder merupakan produk perawatan bayi yang dipercaya oleh pada Ibu dan menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia;    
5. Marina, produk hand body lotion, menduduki peringkat volume market share nomor 1 di Indonesia dan merupakan produk perawatan tubuh yang telah menjadi sahabat setia wanita Indonesia;

“Dan yang patut dibanggakan, ekuitas merek Tempo Scan dalam kategori susu bubuk Infant Formula dan Growing Up Milk (Regular Mainstream), susu vidoran, menduduki peringkat volume market share nomor 2 walaupun kiprahnya relatif baru dibandingkan produk-produk sejenis yang sudah beredar lebih dulu di pasaran,” ujar I Made Dharma Wijaya selaku Presiden Direktur Tempo Scan.  
 
Disamping itu, Tempo Scan juga memiliki jaringan distribusi yang luas dan terintegrasi serta mampu menjangkau ribuan pulau di seluruh wilayah Republik Indonesia, bahkan produk-produk Tempo Scan telah menjangkau konsumen di Malaysia, Thailand, Filipina dan Afrika.

Pencapaian tersebut telah berhasil dibangun oleh Tempo Scan selama 70 tahun lahir, tumbuh, berkembang dan berkarya di Indonesia berkat kerja keras dan dedikasi karyawan/karyawati-nya, namun kami tidak berhenti disini, kami akan terus mengembangkan bisnis kami dengan inovasi yang tidak terbatas, Building the Next Frontier.