Dubes Inggris Dominic Jermey, Serahkan Surat Kepercayaannya Kepada Presiden RI Joko Widodo

Dubes Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey, Serahkan Surat Kepercayaannya Kepada Presiden RI Joko Widodo
Dubes Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey, Serahkan Surat Kepercayaannya Kepada Presiden RI Joko Widodo (Foto : Dok. Kedutaan Inggris)

AntvDominic Jermey CVO OBE, yang telah ditunjuk sebagai Duta Besar untuk Republik Indonesia dan Duta Besar non-residen untuk Republik Demokratik Timor-Leste, menyerahkan surat kepercayaannya kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Senin (23/10/2023), di Jakarta, Indonesia.

Dominic Jermey sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Afghanistan (2016-2017) dan Duta Besar Inggris untuk Uni Emirat Arab (2010–2014).

Jermey pernah menduduki posisi sebagai Perwakilan Inggris untuk Pemerintahan Transisi PBB di Timor Timur yang bertugas memberikan laporan kepada Duta Besar Inggris di Jakarta.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Dominic Jermey mengatakan:

“Merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk menyerahkan surat kepercayaan saya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Ada potensi yang besar untuk semakin memperkuat hubungan Indonesia – negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dan Inggris – sebagai negara anggota G7 dan Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB. Kemitraan Inggris dan Indonesia terus berkembang semakin kuat, berfokus pada bisnis, perubahan iklim, keanekaragaman hayati serta kemakmuran dan keamanan di Indo Pasifik. Perdagangan antara Inggris dan Indonesia bernilai £3,5 miliar pada tahun 2022 dan saya ingin meningkatkan angka ini seiring tujuan kami untuk terus mendorong investasi dua arah. Saya sangat bangga dengan kolaborasi jangka panjang antara Inggris dan Indonesia dalam perubahan iklim, transisi energi, dan pertumbuhan hijau – yang dapat dilihat melalui serangkaian kesepakatan yang baru-baru ini ditandatangani salah satunya adalah seputar Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon – yang akan memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkelanjutan dan berketahanan terhadap dampak perubahan iklim. Saya sangat menantikan peran baru saya sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia, bekerja sama dengan teman dan kolega kami dari Sabang sampai Merauke, memberikan manfaat dan menciptakan masa depan yang lebih baik, lebih aman, dan lebih hijau bagi masyarakat kedua negara”.

Biografi Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Dominic Jermey

Dominic Jermey ditunjuk menjadi Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste pada tahun 2023. Jabatan diplomatik Dominic sebelumnya termasuk menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Afghanistan (2016-17) dan Duta Besar Inggris untuk Uni Emirat Arab (2010–14).

Dominic pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana dan Kepala Eksekutif Badan Investasi dan Ekspor Inggris, Perdagangan dan Investasi Inggris dari tahun 2007-2010 dan 2014-15.

Pada tahun 1999-2000, Dominic adalah Perwakilan Inggris untuk Administrasi Transisi PBB di Timor Timur dan bertugas memberikan laporan kepada Duta Besar Inggris di Jakarta.

Dominic juga pernah bertugas di Pakistan, Spanyol, Makedonia dan dia memimpin tim krisis Inggris di Thailand setelah gempa bumi dan tsunami yang melanda Samudera Hindia tahun 2004.

Dominic menjabat sebagai Direktur Jenderal LSM ilmu konservasi, Zoological Society of London, pada 2017-2022.

Sebelum bergabung dengan dinas diplomatik, Dominic adalah corporate financier di bank investasi, Schroders. Dominic telah menjadi pengurus LSM pembangunan internasional CAFOD Inggris sejak 2008.

Dominic memiliki ketertarikan yang kuat terhadap konservasi satwa liar, teater & seni. Dia adalah penyelam yang ulet dan tengah menekuni hobinya di olahraga triatlon.