Begini Cara Dua Oknum Anggota Polisi Polda Lampung Curi Mobil di Parkiran Mall

Begini Cara Dua Oknum Anggota Polisi Polda Lampung Curi Mobil di Parkiran Mall
Begini Cara Dua Oknum Anggota Polisi Polda Lampung Curi Mobil di Parkiran Mall (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv –  Bripda  Fajar Wicaksono (FW) dan Bripda Chandra Setiawan (CS), dua oknum anggota polisi Polda Lampung telah merencanakan untuk mencuri mobil korban Rizal (25) di area parkir Mall Boemi Kedaton (MBK), Bandar Lampung, pada Minggu (20/8/2023) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik, mengatakan mobil curian itu milik kakak dari teman tersangka FW. Aksi itu berawal dari FW yang membujuk temannya untuk meminjam mobil tersebut.

Saat dipinjamkan, tersangka ternyata menduplikasi kontak mobil tanpa sepengetahuan temannya. Selain itu, tersangka juga memasang GPS sebelum mengembalikan mobil korban.

"Oknum F ini menggandakan atau menduplikat kunci mobil tersebut. Kemudian juga di mobil korban dipasang GPS sehingga akan memudahkan untuk mengetahui pergerakan mobil tersebut," kata Kombes Umi Fadilah Astutik, Jumat (13/10/2023).

Kemudian, lanjut Kombes Umi, Bripda  Fajar Wicaksono mengajak rekannya Bripda Chandra Setiawan untuk mencuri mobil tersebut. Pencurian dilakukan saat mobil parkir di MBK.

"Peran F untuk mengambil mobil tersebut. Ia menemukan karcis parkir di dalam mobil dan langsung membawanya. Kemudian esok harinya, mobil itu diberikan ke oknum C," bebernya.

Akibat perbuatan tersebut, kedua anggota polisi itu dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Pelaku juga terancam mendapatkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) atau dipecat dari kepolisian.

Diketahui, sebuah mobil Honda Brio merah milik pengunjung MBK, Rizal (25) hilang di parkiran mal tersebut, Minggu, (20/8/2023) sekitar pukul 14.00 WIB.

Saat itu korban Rizal bersama keluarga meninggalkan mobil di area parkir. Namun, tidak sampai 1 jam di dalam mall, ia hendak pulang dan mobil miliknya sudah tidak ada di area parkir.

Rizal sempat berkeliling area parkir untuk mencarinya, namun tidak juga ditemukan. Ia akhirnya menemui petugas parkir dan mengecek CCTV ternyata mobilnya telah dibawa pergi dari mall. Namun, kamera CCTV tak menunjukan wajah yang mengemudi mobil tersebut.