Viral! Pencurian di Rest Area Jalan Tol Bakter KM 116, Begini Penjelasan PT Hakaaston

Viral! Pencurian di Rest Area Jalan Tol Bakter KM 116
Viral! Pencurian di Rest Area Jalan Tol Bakter KM 116 (Foto : antvklik-Pujiansyah)

Antv – Beredar viral di media sosial aksi pencurian menimpa tiga unit truk fuso yang kehilangan speedometer saat parkir di rest area KM 116 ruas jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Bakauheni - Terganggi Besar (Bakter).

Video viral tersebut dibagikan akun tiktok @ronaliv3s berdurasi 2.21 detik itu telah diunggah tiga hari lalu dan mendapat berbagai tanggapan dari warganet.

Terdengar suara perekam dalam video itu mengatakan ada tiga unit mobil hilang speedometer di KM 116 saat ditinggal oleh kernet ke warung beli nasi kurun waktu satu jam.

"Mobil ini tiga buah hilang speedometer di KM 116 di posisi paling depan pom bensin," kata perekam video.

Dia menjelaskan tiga mobil yang hilang speedometer tersebut diantaranya truk Fuso BG BG 8247 UM, B 9392 BYU dan yang ketiga tidak terlihat nomor polisinya.

"Kernet tidak boleh masuk warung jaga mobil. Kernet nasi bungkus kalau di KM 116, kurang aman, bukan tidak aman. Waktu ditinggal kurang lebih satu jam pergi ditinggal beli nasi goreng," ujar perekam.

Dalam caption untuk kawan kita sama sama driver hati hati di rest area 116 arah bakauheni kondisi tidak aman lagi. Tidak ada keramaian disitu setelah telah terjadi 3 mobil kehilangan speedometer pintu dibobol.

Warganet, @ndre misalnya, mengomentari video tersebut dengan menyebutkan pengalamannya pernah kehilangan uang, HP, rokok dan kartu tol di KM 116.

"Aku juga pernah mas di 116 uang hp rokok dan kartu tol hilang ditinggal makan," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh akun tiktok @Wack Uban Rifana. "Ia bahaya disitu, kemarin saya juga hilang e-tol,"ujarnya.

Hal berbeda dari komentar akun tiktok @MURID SANTUY. "Cek cctv pom om pasti ketemu," ujarnya.

Menanggapi hal itu, PT Hakaaston selaku pengelola ruas tol Bakter langsung menindaklanjuti.

Dari keterangan security KM 116 B diperoleh keterangan bahwa korban melapor ke security pukul 7.30 pada tanggal 26 September.

Kondisi saat hilang, mobil ditinggal di parkiran karena sopir mencari makan. Dari tiga mobil yang kehilangan, hanya satu mobil saja yg bersedia membuat laporan di Polsek Bumi Ratu Nuban.

Aksi pencurian terpantau CCTV dan sedang dalam penyelidikan Polsek Bumi Ratu Nuban.

Manager Area Operasional Tol Bakter Andri Pandiko, mengatakan benar telah terjadi pencurian speedometer 3 truk di Rest Area KM 116 pada Selasa 26 September 2023 lalu.

"Setelah menerima laporan dari korban, langsung kita dampingi untuk membuat laporan di polsek terdekat yaitu Polsek Bumi Ratu Nuban. Namun dari tiga korban hanya satu yang bersedia membuat laporan, dua lainnya tidak bersedia membuat laporan," jelasnya, Selasa (3/10/2023).

Menjawab isu soal Rest Area KM 116 B yang tidak aman, selaku pengelola jalan tol, Andri Pandiko meminta maaf kepada para pengguna jalan jika ada ketidaknyamanan selama singgah di Rest Area 116 B.

"Namun kami juga terus meningkatkan keamanan, bukan karena adanya kejadian ini, tapi kami juga melakukan tindakan pencegahan dan juga evaluasi terus menerus yaitu security yang selalu melakukan patroli 24 jam, serta CCTV yang juga bisa menjangkau tempat di semua Rest Area, observasi tim patroli, BKO, serta PJR juga kami optimalkan," jelas dia.