Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Sampaikan Poin-Poin Prioritasnya di Hari Pertama Bertugas

Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Sampaikan Poin-Poin Prioritasnya di Hari Pertama Bertugas
Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Sampaikan Poin-Poin Prioritasnya di Hari Pertama Bertugas (Foto : Istimewa)

Antv – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar tiba di Makassar, Rabu, 6 September 2023, langsung disambut oleh para pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel dengan Tari Padduppa.

Usai penyambutan, Bahtiar langsung meninjau ruang kerjanya yang terletak di lantai dua gedung utama.

Bahtiar mengungkapkan, ada delapan hal yang akan menjadi prioritasnya selama menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulsel. Pertama, memastikan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang hari H pencoblosannya pada 14 Pebruari 2024 mendatang berjalan dengan baik.

“Bulan depan, sudah mulai tahapan Pemilu. Tanggal 10 Oktober, sudah mulai pendaftaran Calon Presiden, tanggal 3 November sudah ada Daftar Caleg Tetap atau DCT,” kata Bahtiar kepada wartawan, seperti dikutip dari majalahagraria.today, Kamis (7/9/2023).

“Dan sampai saat ini saya juga masih merangkap sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, yang menyusun dan mengawal regulasi tentang Kepemiluan di Indonesia. Jadi saya harus pastikan kesiapan dari penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu dan instansi terkait lainnya yang mendukung Pemilu, harus kita pastikan semua siap. Siap dari sisi SDM-nya, siap dari sisi alat dan anggarannya,” ujarnya.

Untuk memastikan semua berjalan dengan baik, Bahtiar akan langsung melakukan konsolidasi dengan mitra kerja, yakni DPRD Sulsel. “Hari ini saya mau sowan ke mitra kerja hari ini DPRD, karena penyelenggaraan pemerintahan daerah itu adalah gubernur dan DPRD. Jadi kita dengan DPRD itu adalah satu kesatuan, makanya agenda pertama saya adalah bersilaturahmi dengan pimpinan DPRD. Jadi kekuasaan itu bukan hanya ada di eksekutif, tapi juga legislatif,” jelasnya.

Prioritas kedua, sambungnya, adalah memastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Tahun ini harus mulai disiapkan anggarannya, karena tahapannya dimulai tahun ini.