Sosok Dua Pelajar asal Lampung yang Terpilih Paskibraka Nasional 2023

Sosok Dua Pelajar asal Lampung yang Terpilih Paskibraka Nasional 2023
Sosok Dua Pelajar asal Lampung yang Terpilih Paskibraka Nasional 2023 (Foto : antvklik-Pujiansyah)

AntvDua pelajar asal Lampung terpilih sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2023 untuk mengibarkan bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Keduanya bernama Agita Nazara asal SMA Negeri 2 Bandar Lampung dan Frans Timothy Prawira Siallagan asal SMA Kebangsaan, Lampung Selatan.

Keduanya mewakili Lampung sebagai anggota Paskibraka 2023 setelah mengikuti rangkaian tes yang dimulai sejak 15 Mei 2023.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti tes tersebut sebanyak 85 pelajar yang berasal dari 15 Kabupaten dan Kota se Provinsi Lampung.

Sebelum melenggang ke Istana Negara, Paskibraka Nasional 2023 lebih dahulu mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Diklat Paskibraka) Tingkat Pusat.

Frans mengaku deg-degan dan tidak menyangka bisa lolos menjadi Paskibraka Nasional dengan mengalahkan ribuan peserta lainnya dari Provinsi Lampung.

"Saya juga merasa mereka punya potensi yang tinggi-tinggi semua, atas usaha saya kerja keras saya doa dari orang tua saya bisa terpilih menjadi Paskibraka Nasional," kata Frans Timothy.

Kurang lebih dalam kurun waktu 3 bulan, Frans mengikuti tahapan seleksi mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga terpilih menjadi paskibraka nasional.

"Tahapan-tahapan yang saya lalui pertama, itu ada tes akademik, kedua tes wawasan kebangsaan, yang ketiga tes tiu atau tes intelegensi umum, yang keempat ada tes wawancara, kelima tes samapta dan terakhir ada tes pbb," beber Frans Timothy.

Sementara itu, Agita Nazara sebagai siswi perwakilan Lampung, mengaku sangat terharu dan merasa bersyukur, dirinya bisa sampai di titik ini, mengingat seleksi tingkat daerah sangat kompetitif.

"Sangat terharu, selama mengikuti kegiatan seleksi Paskibraka Nasional 2023, saya banyak fokus berlatih dan berdoa," ucap Agita Nazara.

Peringatan HUT ke-78 RI tahun 2023 ini akan mengusung tema Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga akan menampilkan beberapa hiburan dan pertunjukan.