2 Kapal Ikan Dibakar di Perairan Kalbar, Puluhan Nelayan Juwana Minta Pelaku Ditangkap

2 Kapal Ikan Dibakar, Puluhan Nelayan Juwana Minta Pelaku Ditangkap
2 Kapal Ikan Dibakar, Puluhan Nelayan Juwana Minta Pelaku Ditangkap (Foto : antvklik-Abdul Rohim)

Antv – Puluhan nelayan di Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengutuk keras pelaku pembakaran dua kapal nelayan asal Juwana, Pati dan Rembang, Jawa Tengah, di perairan Kalimantan Barat (Kalbar), pada Rabu (21/6/2023).

Mereka menuntut pelaku pembakaran kapal ditangkap dan diproses sesuai hukum yang berlaku. Pasalnya ini bukan yang pertama dan kejadian ini sudah yang ke lima kalinya, namun pelaku tidak pernah ditindak oleh aparat penegak hukum.

Aksi pembakaran dua kapal nelayan asal pantura timur Jawa Tengah tersebut mendapat reaksi dari nelayan Juwana. Puluhan nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pati dan Generasi Nelayan Muda (GNM) Juwana, menggelar aksi di pinggir perairan sungai Juwana,  Sabtu (24/6/2023).

Mereka menutut pelaku pembakaran dua kapal nelayan asal Juwana dan Rembang di tangkap dan diproses hukum. Pasalnya, bukan kali ini saja pembakaran kapal nelayan dilakukan oleh nelayan lokal Kalimantan.

Namun, aksi pembakaran ini yang ke lima kalinya. Tapi selama ini tidak ada tindakan keras dari pihak kepolisian. Para nelayan menuntut pelaku bisa diproses hukum sesuai undang undang yang berlaku.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pati, Rasmijan, mengatakan pihaknya mengutuk keras pelaku pembakaran dua kapal nelayan asal pantura timur Jawa Tengah.
Aksi pembakaran kapal nelayan asal Juwana Pati dan Rembang ini bukan yang pertama dan sudah yang ke lima kalinya. Namun, pelaku pembakaran tidak pernah ditindak.

“Sangat memprihatinkan sekali adanya pembakaran 2 kapal nelayan di pulau Datu Kalimantan Barat yang terjadi kemarin hari Rabu. Kami mengutuk keras aksi pembakaran kapal yang dilakukan nelayan lokal Kalimantan ini,” kata Rasmijan.

Untuk itu nelayan Juwana menuntut pelaku pembakaran bisa ditangkap dan diproses hukum. Pasalnya, jika dibiarkan nelayan akan bertindak sendiri dan ditakutkan terjadi konflik horisontal antar nelayan di laut.

“Harapan kami supaya penegak hukum bisa menyelesaikan secara tuntas sesuai hukum yang berlaku. Kalau tidak diselesaikan dan terselesaikan, kami kawatir nelayan dari pantura Juwana akan melakukan pembalasan karena kasus pembakaran kapal ini sudah berulang ulang kali terjadi,” tandasnya.

img_title
Puluhan Nelayan Juwana Minta Pelaku Ditangkap. (Foto: antvklik-Abdul Rohim)


Sementara itu, ketua Generasi Muda Nelayan (GMN) Juwana, Mukid, mengungkapkan pembakaran dua kapal nelayan asal Jawa Tengah ini, merupakan tindakan kriminal murni yang harus ditindak.