Tiga Menteri Optimis 15 April 2023, Tol Cisumdawu Fungsional untuk Mudik

Tiga Menteri Optimis 15 April 2023, Tol Cisumdawu Fungsional Mudik
Tiga Menteri Optimis 15 April 2023, Tol Cisumdawu Fungsional Mudik (Foto : antvklik-Lutfi Setia Rafsanjani)

Antv – Jelang dibuka fungsional pada 15 April 2023, mendatang, tiga Menteri Republik Indonesia meninjau pembangunan proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang masih berlangsung pada seksi 5. Tepatnya di kawasan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu siang (9/4/23).

Ketiga Menteri tersebut yakni, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Proses kontruksi pembangunan jalan dan jembatan masih terus berlangsung, jelang difungsikannya tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari arah Bandung menuju Kertajati Majalengka.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengharapkan, akses tol Cisumdawu sudah dapat digunakan secara fungsional pada saat mudik lebaran 2023 mendatang.

"Iya ini kan salah satu jalur yang kita harapkan sudah bisa difungsikan fungsional pada waktu lebaran nanti. Pak Menteri PUPR sudah menyampaikan tanggal 15 April sudah bisa selesai," kata Muhadjir Effendy.

Meski masih terlihat ada pengerjaan fisik, Menko PMK optimis jalan tol Cisumdawu akan tersambung secara fungsional pada 15 April mendatang, setelah menerima laporan dari Menteri PUPR serta tim ahli.

"Kalau dengar penjelasan di pak Menteri PUPR optimis, saya kan bukan ahlinya jadi saya ngikutin yang ahli saja," ucapnya.

Dengan digunakannya Tol Cisumdawu secara fungsional dari Cileunyi Kabupaten Bandung hingga Kertajati Majalengka pada arus mudik lebaran ini, diharapkan bisa memperlancar para pemudik khusunya di Jawa Barat ini.

"Untuk pemudik saya imbau sebelum melakukan perjalanan agar mengecek dulu kendaraannya, jangan sampai kendaraannya menjadi masalah saat perjalanan nanti termasuk menjaga keamanan dan keselamatan," imbaunya.