Banjir Bandang Terjang 8 Desa, Belasan Rumah dan Ternak Hanyut

Banjir Bandang Terjang 8 Desa, Belasan Rumah dan Ternak Hanyut
Banjir Bandang Terjang 8 Desa, Belasan Rumah dan Ternak Hanyut (Foto : antvklik-Irwansyah)

AntvBanjir bandang menerjang 8 desa di 3 kecamatan di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada Selasa (4/4/2023), mengakibatkan belasan ternak dan rumah hanyut.

Sebanyak 2 desa berada di Kecamatan Lenangguar yakni Desa Ledang dan Desa Lenangguar. 1 Desa di Kecamatan Empang yakni Desa Empang Bawah dan 5 desa di Kecamatan Moyo Hulu yakni Desa Lito, Desa Semamung, Desa Berang Rea, Semamung dan Bage loka.

Kecamatan terparah terdampak banjir bandang yakni Kecamatan Moyo Hulu, khususnya di desa Lito, dengan data sementara ini dilaporkan 17 rumah hanyut terseret banjir.

Kalak BPBD Muhammad Nurhidayat, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Rusdianto AR, kepada tvOnenews.com Selasa (4/4/2023) menjelaskan banjir terjadi sekitar pukul 15. 30 WITA setelah sebelumnya turun hujan dengan intensitas tinggi. 

"Banjir tersebut menghanyutkan 17 unit rumah dengan rinciannya, Desa Lito 5 rumah, Desa Batu Tering 5 rumah, Desa Sebasang 2 Rumah, Desa Semamung 2 Rumah dan Desa Brang Rea 3 Rumah," Rusdianto merincikan. 

Selain kerusakan rumah warga, infrastruktur atau fasilitas umum seperti jalan, jembatan dan fasilitas air minum mengalami kerusakan. Belum lagi lahan pertanian warga siap panen juga rusak dihantam banjir. 

"Imformasi dan data sementara juga banyak ternak warga berupa sapi dan kerbau yang hanyut," katanya.