Hari Pertama Puasa, Ratusan Rumah di Belawan Terendam Banjir Rob

Hari Pertama Puasa, Ratusan Rumah di Belawan Terendam Banjir Rob
Hari Pertama Puasa, Ratusan Rumah di Belawan Terendam Banjir Rob (Foto : antvklik-Martinus Sitorus Picit)

AntvHari pertama menjalani ibadah puasa bulan suci Ramadan, ratusan rumah warga di kawasan pesisir Belawan Kota Medan, Sumatera Utara, terendam banjir rob pada Kamis sore (23/3/2023). 

Selain mengganggu aktivitas warga, banjir rob juga berdampak kepada pedagang takjil yang terlihat sepi pembeli.

Banjir rob atau naiknya air laut yang meluap ke daratan, terus dirasakan warga dan merendam ratusan rumah penduduk khususnya di pesisir Belawan di Kecamatan Medan Belawan, Sumatera utara.

"Ketinggian banjir rob bervariasi, dari mulai dari 30 hingga 50 centimeter," ungkap Yani salah satu takjil di Belawan, Kamis (23/3/2023).

lebih lanjut Yani mengatakan, air laut yang mulai naik pukul 4 sore, berdampak kepada pedagang takjil, sepi pembeli akibat banjir yang akan surut pada pukul 06 sore nanti.

Sementara itu salah satu warga Belawan, Ramadan, mengatakan, air laut yang naik dan merendam ratusan rumah warga di setiap bulan Ramadan ini, membuat aktivitas warga mulai dari beribadah hingga berbuka puasa.

"Meski belum sempat mengungsi, namun banjir rob atau fenomena alam, kerap terjadi dua kali dalam sebulan. Peristiwa ini sudah terjadi dalam tiga hari ini, naik pada pukul 4 sore dan surut pada pukul 6 sore. Dan kembali naik pada dini hari pukul 1.00 WIB hingga 4.00 WIB," tandasnya.