Ulas Pemerintahan di Papua, MIPI Gelar Bedah Buku Terbaru Karya Muhammad Musa’ad

MIPI Gelar Bedah Buku Terbaru Karya Muhammad Musa’ad
MIPI Gelar Bedah Buku Terbaru Karya Muhammad Musa’ad (Foto : etua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Bahtiar.)

Antv – Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) menggelar acara bedah buku "Dinamika Pemerintahan di Papua" karya Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Barat Daya sekaligus Ketua MIPI Provinsi Papua Muhammad Musa'ad, Sabtu (11/3/2023).

Bedah buku yang dimoderatori oleh Aprilianita Putri ini menghadirkan narasumber Muhammad Musa'ad secara langsung selaku penulis buku.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Umum MIPI Bahtiar mengapresiasi penulis buku karena di tengah kesibukan sebagai praktisi dan akademisi pemerintahan masih menyempatkan diri untuk menulis.

Bahtiar mengatakan, buku tersebut telah diluncurkan di Sorong dan sejauh ini menjadi buku pertama yang menulis cukup lengkap tentang sejarah pemerintahan di Papua.

“Beliau menghasilkan sebuah karya yang luar biasa, patut kita baca dan dengarkan kawan-kawan semua. Mungkin juga merangsang bagi kita semua para ilmuwan pemerintahan, pemerhati maupun praktisi bahkan peneliti pemerintahan di Indonesia,” katanya.

Bahtiar menambahkan, selama ini sejarah Papua terpotong hanya pada masa kerajaan tertentu. Padahal Papua terbentuk karena dipengaruhi oleh eksternal power yang dinamikanya bisa dilihat hari ini.

Dia menjelaskan, sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, di Papua sudah ada interaksi, bukan hanya pada masa Kerajaan Tidore atau Ternate.