Ogah Makan Karena Sakit Gigi, Seekor Gajah di Semarang Zoo Akhirnya Mati

Ogah Makan Karena Sakit Gigi, Seekor Gajah Semarang Zoo Akhirnya Mati
Ogah Makan Karena Sakit Gigi, Seekor Gajah Semarang Zoo Akhirnya Mati (Foto : antvklik-Didiet Cordiaz)

Antv – Seekor gajah yang dirawat di Semarang Zoo, Semarang, Jawa Tengah, mati pada Jumat (17/2/2023) lalu. Penyebab matinya Mamalia Sumatera berusia 67 tahun itu karena sakit.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng, Darmanto mengatakan, pada akhir bulan Januari 2023 lalu, pihaknya sudah mendapatkan kabar bahwa gajah bernama Sekar itu mengalami sakit gigi yang membuat nafsu makannya hilang.

Karena sakit, kemudian Gajah ini dirawat di ruang terpisah dari gajah jantan milik Semarang Zoo yang bernama Guntur. Kondisi Sekar sebenarnya sempat membaik pada 10 Februari 2023 namun kembali drop sehingga dilakukan tindakan medis berupa pemberian obat.

Sayangnya kondisi Sekar ada perkembangan kemudian tidak mau makan dan minum hingga akhirnya meninggal dunia.

"Desember - Januari lalu, kita kontrol kesana dan mengetahui jika Sekar sakit gigi dan tidak mau makan. Lalu kita usulkan ditambah medis, total ada dokter hewan, sudah diupayakan agar kembali sehat, namun akhirnya sekar meninggal," katanya saat jumpa pers di kantornya, Senin (20/2/2023).

Dirinya menjelaskan, rata-rata Gajah Sumatera hidup mencapai umur 70 tahun dan sementara Sekar sudah tinggal di Semarang dan menempati LK Semarang Zoo sekitar sekitar 37 tahun lalu.

Darmanto menyebut, selama di Semarang Zoo, perawatan Sekar sudah sangat mencukupi.