Diterjang Longsor, Rumah Warga di Gunungkidul Hancur Rata dengan Tanah

Rumah Keluarga Maryadi Roboh Dihantam Longsor.
Rumah Keluarga Maryadi Roboh Dihantam Longsor. (Foto : Antvklik/Lucas Didit)

Antv – Bencana tanah longsor terjadi di Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Selasa (14/2/2023) dini hari. Akibatnya, sebuah rumah roboh rata dengan tanah terkena material longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono, mengatakan, tanah longsor terjadi di Dusun Suruh Rt 01 Rw 12, Kelurahan Hargomulyo, Kapanewon Gedangsari.

"Longsor terjadi pada Selasa dini hari dan menimpa rumah Maryadi," kata Purwono, Selasa (14/2/2023).

Menurutnya, hujan dengan intensitas lebat dengan durasi lama yang terjadi sejak sehari sebelumnya. Selain menimpa rumah warga, tanah longsor juga mengancam tanah di atasnya, karena kondisinya labil dan banyak pepohonan," terangnya.

Dari keterangan warga setempat, lanjut Purwono, pada Selasa dini hari terdengar suara gemuruh. Suara tersebut seperti suara batu pada berjatuhan di belakang rumah salah satu warga. Keluarga Maryadi (45) yang berada di bawahnya kemudian langsung lari ke luar rumah. Keluarga yang berjumlah 5 orang ini berhasil menyelamatkan diri dari material longsoran tanah.

"Seluruh keluarga berhasil selamat, tapi material longsoran menimpa rumahnya Maryadi hingga roboh, rata dengan tanah. Barang-barang seisi rumah turut tertimbun," ujarnya.

Untuk sementara Maryadi dan keluarganya tinggal di rumah adiknya yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi rumahnya yang roboh. Saat ini, personil BPBD, warga, dibantu relawan sedang melakukan pembersihan material longsor dan puing-puing rumah.