Pramugari, Pilot dan Crew, Jalani Tes Urine Demi Keselamatan Penerbangan

Pramugari, Pilot dan Crew, Tes Urine Demi Keselamatan Penerbangan
Pramugari, Pilot dan Crew, Tes Urine Demi Keselamatan Penerbangan (Foto : antvklik-Ikbal Arsyad)

Antv – Sejumlah pilot dan pramugari, serta crew pesawat dua maskapai penerbangan yang berbeda di Bandara Sultan Baabullah Ternate, jalani tes urine, Rabu (28/12/2022).

Tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara itu untuk mencegah penggunaan narkoba dan menjamin rasa aman dan keselamatan dalam penerbangan.

“Maskapai yang masuk di Bandara Baabullah akan kita lakukan pemeriksaan sesuai dengan jadwal. Yang pasti bukan hanya di dua maskapai saja. Hasilnya alhamdulilllah semuanya negatif, tidak ada indikasi mengkonsumsi narkotika," ujar Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Agus Rohmad, usai melaksanakan Tes urine di Bandar Sultan Baabullah Ternate, Rabu (28/12/2022).

Lebih lanjut Agus,mengatakan, tes urine yang dilaksanakan merupakan upaya dalam memberikan jaminan keamanan dan keselamatan dalam penerbangan di Indonesia, termasuk di Maluku Utara.

"Baru melakukan tes urine terhadap 14 orang crew dua maskapai mulai dari pilot, co pilot, pramugari dan pramugara." ungkapnya.

img_title
Pramugari, Pilot dan Crew, Tes Urine Demi Keselamatan Penerbangan. (Foto: antvklik-Ikbal Arsyad)

Selain melakukan tes urine di Bandara, BNNP Maluku Utara juga akan melakukan tes urin di pelabuhan, baik bagi kapten kapal dan para Anak Buah Kapal (ABK) yang ada di beberapa pelabuhan di Kota Ternate.