Silmy Karim, Dirut BUMN dengan Kekayaan Rp203 Miliar ,Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi

Silmy Karim Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi
Silmy Karim Terpilih Jadi Dirjen Imigrasi (Foto : Istimewa)

Antv – Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Andap Budhi Revianto, mengatakan, Direktur Utama (Dirut) PT Krakatau Steel, Silmy Karim, terpilih menjadi Direktur jenderal (Dirjen) Imigrasi Kemenkumham berdasarkan hasil proses seleksi yang terdiri dari berbagai tahapan.

"Dengan adanya pejabat definitif, pelayanan imigrasi diharapkan akan semakin lebih baik dan optimal," kata Revianto, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (26/12/2022).

Revianto mengatakan dengan terpilihnya Karim, maka Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham memiliki direktur jenderal definitif yang sebelumnya diisi pelaksana tugas, Widodo Ekatjahjana.

Karim ditunjuk sebagai dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan ketetapan yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 165/TPA/2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Revianto yang juga ketua Panitia Seleksi Dirjen Imigrasi mengatakan Karim terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi terbuka.

Mulai dari proses administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang berupa penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui asesmen oleh Badan Kepegawaian Negara, hingga wawancara tim panitia seleksi.

Penilaian tersebut dilakukan tim panitia seleksi yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan, yaitu internal Kemenkumham, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Lembaga Administrasi Negara.