Enam Tewas Setelah Bus Terjatuh ke Sungai Dari Jembatan di Spanyol

Kecelakaan bus di Spanyol.
Kecelakaan bus di Spanyol. (Foto : GURDIA CIVIL/Reuters)

Antv –Enam orang tewas dan dua lainnya luka-luka setelah sebuah bus penumpang jatuh ke sungai dari jembatan di wilayah barat laut Spanyol. Hal tersebut diungkapkan oleh layanan darurat negara tersebut pada Minggu, 25 Desember 2022.

Dua orang yang selamat merupakan pengemudi kendaraan berusia 63 tahun dan seorang penumpang wanita. Mereka ditarik keluar dari sungai oleh petugas pemadam kebakaran dengan tali dan dibawa ke rumah sakit terdekat. Mereka menderita sejumlah luka.

Juru bicara polisi setempat menjelaskan, pengemudi dinyatakan negatif alkohol dan narkoba. Juru bicara menambahkan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan di sekitar jembatan kini telah selesai. Sedangkan petugas lainnya berusaha untuk memperbaiki pagar jembatan supaya aman saat kendaraan melewati sungai Lerez.

Arus sungai yang deras akibat hujan yang melanda wilayah Galicia menghambat upaya pencarian jenazah korban sepanjang akhir pekan kemarin.

Bus tergelincir dari jembatan dan jatuh dari ketinggian 40 meter sekitar pukul 21.30 waktu setempat. Petugas terkait masih menyelidiki penyebab jatuhnya bus tersebut.

Laporan kecelakaan didapat dari seorang pejalan kaki yang melihat pagar pelindung jembatan telah rusak parah yang melakukan panggilan telepon kepada pihak layanan darurat setempat. Setelah itu pihak layanan darurat menerima panggilan kedua dari penumpang bus yang selamat namun masih berada di dalam bus yang naas.

Pihak berwenang pada awalnya melaporkan total ada sembilan orang di dalam bus ketika jatuh, berdasarkan kesaksian pengemudi. Namun setelah dihitung diyakini ada delapan orang berdasarkan laporan hilang yang dilaporkan oleh para kerabat korban.