Jember Diguncang Gempa Magnitudo 6,2 Terasa dari Yogyakarta hingga Bali

Jember Diguncang Gempa Magnitudo 6,2
Jember Diguncang Gempa Magnitudo 6,2 (Foto : Tangkap Layar)

AntvGempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 terjadi di Jember, Jawa Timur. Gempa ini turut dirasakan oleh wilayah sekelilingnya, seperti Yogyakarta dan termasuk Bali.

"Pusat gempa berada dilaut 284 kilometer Barat Daya Jember. Pada kedalaman 10 Kilometer," jelas BMKG dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi empat kali gempa. Hal itu jika dijumlahkan dengan gempa pertama yang terjadi pukul 13.07 WIB.

Tiga gempa setelah gempa yang pertama ini terjadi pada pukul 13.25 WIB, 13.36 WIB, dan 13.49 WIB. Masing-masing gempa Bermagnitudo (M) sebesar 4,3, 4,1, dan 4,3.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa yang mengguncang Jember diduga akibat patahnya lempeng Australia yang mulai menunjam ke bawah Jawa Timur. Tekukan lempeng ini memicu patahan turun (normal fault).

“Gempa selatan Jember Jawa Timur M6,0 kedalaman 10 km ini merupakan jenis gempa di luar zona subduksi (populer disebut 'outer rise earthquake'). Hal itu akibat patahnya lempeng Australia yang mulai menunjam ke bawah Jawa Timur," cuit Daryono pada akun Twitter pribadinya @DaryonoBMKG.

Lebih lanjut disebutkan detil parameter gempa yang terjadi sebagai berikut: