VCP Tim Dalpur Kopasgat Memandu Bantuan Wakapolda Jabar yang Dikirim Via Udara

VCP Tim Dalpur Kopasgat Memandu Bantuan Wakapolda Jabar
VCP Tim Dalpur Kopasgat Memandu Bantuan Wakapolda Jabar (Foto : Istimewa)

Antv – VCP Tim Dalpur Kopasgat memandu bantuan Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi, S.I.K., yang dikirim via udara dengan menggunakan heli colibri di Posko Kopasgat, Desa Bunikasih. Minggu (27/11/2022).

Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi, S.I.K., menyerahkan secara simbolis bantuan kepada warga di dampingi Danyonkes Letkol Kes dr. Wiko dan Letda Pas Ruswandi beserta anggota posko Kopasgat.

Dalam sehari kurang lebih lima kali shorty pesawat yang di pandu VCP Tim Dalpur Kopasgat. Pesawat berasal dari Skadron Udara 6 dengan pesawat Puma, Basarnas dan Polri.

Bantuan lewat udara dipilih karena lebih mudah menjangkau tempat terisolir dari jalur darat. Namun hanya beberapa titik yang bisa di gunakan take off dan landing pesawat.

Sebelumnya Kopasgat sebagai pasukan tempur matra udara salah satu kemampuannya adalah penguasaan air traffic control dikenal dengan Vehicle Control Post.

Vehicle Control Post bertugas memberikan Komando kepada pilot dan mengatur lalu lintas transportasi udara melalui peralatan yang terhubung dengan pilot pesawat.

Kemampuan inilah yang ditunjukkan oleh kopasgat pada aksi tanggap darurat gempa Cianjur.