2 Artis Terkenal di Iran Ditangkap Karena Lepas Hijab

Artis Iran yang Ditangkap karena Lepas Hijab
Artis Iran yang Ditangkap karena Lepas Hijab (Foto : Global News)

Antv – Iran diketahui telah menangkap dan menahan beberapa artis terkenal setelah mereka memutuskan untuk melepas hijab di depan umum, dalam rangka menunjukan aksi solidaritas kepada gerakan protes yang terjadi di sana.

Melansir Global News, Rabu, 23 November 2022, dua artis tersebut adalah Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi, yang ditangkap karena postingan media sosial yang dianggap provokatif.

Mereka ditangkap pasukan keamanan setelah mereka menunjukkan dukungan untuk gerakan protes yang memanas di negara itu akibat kematian Mahsa Amini.

Katayoun Riahi ditangkap pasukan keamanan Iran pada Minggu, 20 November kemarin setelah ia mengunggah video dirinya tanpa jilbab ke akun Instagram pada Minggu, 18 November 2022, atau sekitar dua hari setelah kematian Amini.

Adapun, Hengameh Ghaziani juga ditangkap setelah sempat mengunggah video di Instagram pada Sabtu, 19 November 2022 yang menunjukkan dirinya berada di depan umum tanpa mengenakan jilbab dengan rambutnya yang diikat.

Dalam unggahannya, ia menuliskan keterangan soal itu adalah unggahan terakhirnya, karena ia yakin akan ada sesuatu yang menimpa dirinya setelah kejadian itu.