Komnas HAM Sebut Penyelidikan Sudah 70% Terkait Tragedi Kanjuruhan

Peringatan tragedi Kanjuruhan.
Peringatan tragedi Kanjuruhan. (Foto : Viva)

AntvKomisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menjelaskan proses penyelidikan terkait tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, sudah mencapai 70 %.

"Mungkin kalau dipersentase sekira 70%," ujar Beka kepada wartawan, Selasa (18/10/2022).

Selain investigasi dan menemui sejumlah pihak di Malang, Komnas HAM juga meminta keterangan dari sejumlah pihak terkait Tragedi Kanjuruhan, antara PSSI, broadcaster, dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia.

Seperti diberitakan VIVA.co.id, Komnas HAM telah meminta keterangan manajemen Persebaya Surabaya, manajemen, pemain, security officer, perwakilan suporter (Bonek), dan dua media official. Persebaya menyampaikan kronologi, pengalaman sejak pertandingan, menit-menit pertandingan, dan setelah peluit panjang berbunyi.

Didapatkan informasi mengenai proses evakuasi dari locker room untuk dimasukkan ke kendaraan taktis, pengalaman di dalam kendaraan taktis, sampai bisa keluar dari area stadion dan sampai di mess Persebaya dengan selamat.

"[para pemain] masih mengingat, tentu saja. Masih trauma. Tapi mungkin tidak detail sampai ke sana," ujar Beka.

Beka mengatakan, saat ini kondisi pemain masih mengingat kejadian dan trauma. Meski demikian, mereka juga sudah mulai melaksanakan latihan ringan.