Dugaan Ijazah Palsu Presiden Jokowi, Ini Respon UGM

Dugaan Ijazah Palsu Presiden Jokowi, Ini Respon UGM
Dugaan Ijazah Palsu Presiden Jokowi, Ini Respon UGM (Foto : antvklik-Andri Prasetiyo)

Antv – Universitas Gadjah Mada (UGM) akhirnya buka suara terkait dugaan ijazah palsu Presiden Joko Widodo. 

UGM merasa perlu memberikan respon terkait hal itu sebagai bentuk tanggung jawab kepada alumninya.

Rektor UGM Ova Emilia menegaskan bahwa Presiden Jokowi merupakan alumnus Program Studi S1 di Fakultas Kehutanan UGM angkatan tahun 1980. 

Presiden Joko Widodo dinyatakan lulus dari UGM pada tahun 1985, sesuai ketentuan dan bukti kelulusan yang dimiliki oleh UGM. 

“Atas data dan informasi yang kami miliki dan terdokumentasi dengan baik, kami meyakini keaslian ijazah sarjana Ir. Joko Widodo, dan yang bersangkutan benar-benar lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada,” kata Ova dalam konferensi pers di Gedung Pusat UGM," Selasa (11/10/2022).

Menurut Ova, klarifikasi ini disampaikan sebagai bentuk tanggung jawab UGM sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi kepada para alumninya. Sehingga siapapun alumni yang merasa perlu diverifikasi terkait keaslian ijazahnya, UGM siap melakukannya.

“Bukan karena yang dipertanyakan ini orang nomor satu, tapi jika ada alumni yang ingin diverifikasi kami juga akan melakukan langkah-langkah verifikasi sesuai proporsinya. Misalnya jika ada alumni yang bekerja di suatu tempat dan memerlukan verifikasi bahwa yang bersangkutan memang alumni UGM,” ungkapnya.