Wakil Dubes RI untuk Jepang Apresiasi Keikutsertaan 5 Siswa Indonesia

Wakil Dubes RI untuk Jepang Apresiasi Keikutsertaan 5 Siswa
Wakil Dubes RI untuk Jepang Apresiasi Keikutsertaan 5 Siswa (Foto : Istimewa)

Antv – Wakil Duta Besar Republik Indonesia (Wadubes RI) untuk Jepang John Tjahjanto Boestami mengapresiasi keikutsertaan 5 siswa Sekolah Menengah Atas asal Indonesia dalam Sakura Science High School Program (Program Sekolah Menengah Sains Sakura/SSHP) di Tokyo Jepang.

"Terima kasih kepada Badan Sains dan Teknologi Jepang (JST) melalui Sakura Science High School Program yang telah mengundang lima siswa SMA Indonesia untuk mengikuti program ini. Saya percaya program ini akan memicu para pemuda ini untuk mengembangkan pemikiran yang baik dalam memperkuat hubungan Indonesia-Jepang," ujar Wadubes John Tjahjanto Boestami saat memberi sambutan pembukaan Sakura Science High School Program Tahun 2022 pada Jumat, 30 September 2022. 

"Saya mengingatkan kepada semua peserta dari Indonesia agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menyerap semua pengetahuan, pengalaman, praktik terbaik dan persahabatan. Tidak hanya dengan teman-teman Jepang, tetapi juga dengan teman-teman dari negara lain," tambahnya. 

Sakura Science High School Program merupakan program tahunan dari Badan Sains dan Teknologi Jepang sejak 2014. Total telah digelar 49 kursus dengan 5.539 siswa sekolah menengah dari berbagai negara datang ke Jepang untuk berpartisipasi dalam program tersebut. 

Program ini juga menyediakan kelas khusus yang pengajarnya adalah para ilmuwan terkemuka, termasuk peraih Nobel. Sejumlah kegiatan yang digelar di antaranya mengunjungi universitas dan lembaga penelitian terkemuka di Jepang, kegiatan sosial dengan siswa sekolah menengah Jepang, mengunjungi kedutaan besar di Jepang dan pengenalan budaya Jepang.