Badai Ian Hantam Florida Dengan Dahsyat Berkategori 4

Dampak badai Ian di Florida AS.
Dampak badai Ian di Florida AS. (Foto : Reuters)

Antv –Pantai Teluk Florida dihantam badai Ian dengan kekuatan dahsyat pada Rabu (28/9/2022).

Badai menyebabkan angin menderu kencang, hujan deras, dan gelombang ombak laut tinggi berbahaya. Badai ini merupakan salah satu badai di Amerika Serikat yang paling kuat dalam dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Pusat Badai Nasional AS (NHC) badai Ian terjadi pada pukul 15.05 waktu setempat di dekat Cayo Costa, sebuah pulau yang berada di sebelah barat Fort Myers.

Badai ini berkategori 4 dengan kecepatan angin hingga 241 kilometer per jam. Kecepatan angin badai ini hampir menyentuh kategori 5 yang merupakan klasifikasi badai paling parah.

Sekitar 90 menit kemudian NHC melaporkan Ian telah pindah ke daratan Florida tepatnya di selatan tepi Pelabuhan Punta Gorda dengan angin yang menderu namun kecepatannya sudah berkurang.

Gubernur Ron DeSantis menjelaskan Ian telah meyebabkan gelombang badai yang mengancam jiwa. Gelombang banjir air laut karena dorongan angin terjadi di sepanjang pantai dengan tinggi gelombang mencapai 3,7 meter.

Peramal cuaca juga memperingatkan potensi badai petir yang terjadi secara intensif dan kemugkinan terjadinya tornado di sejumlah tempat di Florida Tengah.