PWI Pusat Kembali Selenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022

PWI Pusat Kembali Selenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022
PWI Pusat Kembali Selenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 (Foto : Istimewa)

Antv – Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2023, yang akan digelar di Medan, Sumatra Utara, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, penghargaan tertinggi karya jurnalistik Indonesia.

Anugerah ini menggunakan nama tokoh wartawan Indonesia, Adinegoro, dengan harapan, semangatnya menjadi teladan bagi seluruh wartawan Indonesia dalam berkarya. 

Adinegoro, bernama asli Djamaludin gelar Datuk Maradjo Sutan, terpaksa menggunakan nama samaran karena tak bisa menahan diri untuk menulis, mengkritik situasi pada masanya. 

"Semangat Adinegoro perlu menjadi teladan bagi seluruh wartawan Indonesia dalam menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas," ujar Rita Sri Hastuti, Ketua Panitia Tetap Lomba Karya Jurnalistik Adinegoro, dalam siaran persnya, Senin (26/9/2022).

Anugerah Jurnalistik Adinegoro diberikan kepada wartawan yang telah terseleksi melalui karya-karya jurnalistik yang sudah dimuat, ditayangkan, atau disiarkan dalam kurun waktu antara 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Terkait dengan tema lomba karya jurnalistik Anugerah Adinegoro 2023, Rita Sri Hastuti mengungkapkan bahwa tidak ada tema khusus. "Tetapi tentunya diharapkan karya yang menginspirasi, bersifat membangkitkan semangat pembaca, pemirsa atau pendengar," papar wartawati senior yang juga penguji UKW PWI Pusat ini. 

Lomba karya jurnalistik Anugerah Adinegoro 2023, sebagaimana sebelumnya, terdiri 7 kategori. Ketujuhg kategori tersebut adalah, 1. Karya Jurnalistik Cetak (AA1), Karya Jurnalistik Siber (AA2), Karya Jurnalistik Televisi (AA3), Karya Jurnalistik Radio (AA4), Karya Jurnalistik Foto untuk media cetak dan media siber (AA5), Karya Jurnalistik Karikatur Opini untuk media cetak dan media siber (AA6), dan 7. Karya Jurnalistik Video untuk Media Sosial (AA7).