Ayo Rek!! Nonton Pawai Bunga Surabaya Vaganza di Sepanjang Jalan Tunjungan

Ayo Rek !! Nonton Pawai Bunga Surabaya Vaganza di Sepanjang Jalan Tunjungan
Ayo Rek !! Nonton Pawai Bunga Surabaya Vaganza di Sepanjang Jalan Tunjungan (Foto : )
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan menggelar Surabaya Vaganza dalam rangka hari jadi kota pahlawan ke-729, Sabtu (28/5/2022). Akan ada pawai bunga dan pawai budaya di sepanjang jalan Tunjungan.
Dalam siaran persnya , Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya ,Jumat (27 /05/2022) mengatakan, Surabaya Vaganza yang terdiri dari pawai bunga dan pawai budaya ini akan mengambil start dari Siola Jalan Tunjungan sampai Alun-alun Surabaya.Rute ini diakui Wiwiek lebih pendek dibandingkan Surabaya Vaganza tahun 2019 yang dimulai dari Jalan Pahlawan, Keramat Gantung, Gemblongan, Tunjungan, Gubernur Suryo, Panglima Sudirman, Urip Sumoharjo, Raya Darmo dan finish di SMAK Santa Maria.“Kami akan ambil start di Jalan Tunjungan, tepatnya di Siola ke Alun-alun Surabaya. Tidak terlalu panjang rutenya karena kita akan mulai pawai di malam hari,” kata WiwiekIa menambahkan, peserta parade bunga tahun ini juga tak sebanyak tahun sebelumnya. Hanya ada 16 kendaraan pawai bunga yang akan berparadeLalu untuk peserta parade budaya, ada kurang lebih 10 komunitas beranggotakan hingga ratusan orang yang mengikuti.Terbatasnya jumlah peserta parade tahun ini karena banyak komunitas yang belum bisa bergabung akibat pandemi Covid-19.“Surabaya Vaganza ini kan digelar saat landai. Sebulan kemarin kami ajak tapi tidak semua bisa bergabung. Kita akan jadikan momentum ini new normal,” tukasnya.Meski peserta tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, Wiwiek memastikan tidak akan mengurangi antusiasme Pemkot dalam menggelar acara ini.“Yang paling unik, dari 16 peserta pawai bunga kita akan ambil lima terbaik yang akan dipamerkan di sepanjang Jalan Tunjungan. Kendaraan akan stay sampai pukul 24.00 WIB,” ujarnya.Saat pawai berlangsung akan dilakukan penutupan jalan yang akan digunakan untuk pawai, penutupan jalan akan dilakukan mulai hari Sabtu pukul 12.00Acara pawai akan dimulai pukul 15.00 WIB, yang diawali dengan pawai bunga. Kemudian pawai budaya akan dimulai pukul 18.00 WIBBagi warga yang ingin menyaksikan Surabaya Vaganza, diimbau untuk datang lebih awal dan parkir di lokasi yang telah disediakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya.
Berikut info lokasi parkir yang disediakan pemerintah kota Surabaya, seperti dikutip dari Instagram Dishub kota Surabaya:  # Gedung Siola (kapasitas 200 roda 4 dan 150 roda 2)#Jalan Genteng Besar (kapasitas 50 roda 4 dan 100 roda 2)# Embong Malang (sisi kanan kapasitas 20 roda 4 dan 50 roda 2)# Pasar Tundjungan (kapasitas 30 roda 4 dan 50 roda 2)# Belakang Taman Apsari (kapasitas 30 roda 4 dan 100 roda 2)# Balai Pemuda kapasitas 40 roda 4 dan 200 roda 2# Jalan Ketabang Kali sisi timur kapasitas 200 roda 2# Jalan Genteng Kali (depan masjid) kapasitas 20 roda 4 dan 40 roda. Zainal Azhari I Surabaya, Jatim