Simbol 'Z' di Armada Perang Rusia. Apa Artinya?

Simbol 'Z' di Armada Perang Rusia. Apa Artinya?
Simbol 'Z' di Armada Perang Rusia. Apa Artinya? (Foto : )
Perang Rusia - Ukraina semakin memanas. Moskow mengerahkan peralatan tempur dari semua armada perangnya, termasuk kendaraan militer bersimbol ‘Z’.
Dalam beberapa foto yang beredar, penulisan simbol huruf 'Z' pada badan kendaraan militer dibuat secara bervariasi.Ada yang ditulis di dalam kotak, segitiga, ada pula yang langsung ditulis, tanpa tambahan kotak maupun segitiga.Simbol 'Z' ini masih menjadi misteri dan ramai menjadi perbincangan di dunia maya.Ada yang menyebut, huruf Z mewakili nama Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy yang disebut menjadi target nomor 1 Rusia?Mengutip berbagai sumber, apa saja arti simbol 'Z' yang disematkan pada sejumlah badan kendaraan militer Rusia.
Fakta menariknya, Rusia tidak mengenal alfabet huruf ‘Z’. Menurut The Sun, sumber militer dari Kyiv, Ukraina menyebutkan simbol ‘Z’ digunakan untuk untuk membedakan kendaraan militer milik Rusia dengan milik Ukraina.Mengingat Rusia dan Ukraina memiliki tank dan kendaraan lapis baja yang sama. Keduanya mewarisi persenjataan dari Uni Soviet. Sehingga simbol 'Z' ini juga digunakan agar pasukan Rusia tak salah sasaran.Para ahli percaya bahwa simbol atau huruf ‘Z’ untuk mengidentifikasi ke mana kendaraan mengarah.Mantan direktur think tank pertahanan Rusia, Profesor Michael Clarke mengatakan seringkali simbol-simbol ini akan berbasis lokasi.Mereka akan berkomunikasi ke mana sebuah unit menuju. Jika mereka hanya menandai kendaraan sebagai milik Rusia, Anda bisa menggunakan satu simbol saja.“Tanda-tanda ini biasanya hanya diterapkan sesaat sebelum serangan, sehingga pasukan musuh tidak dapat menirunya,” ujar Clarke, seperti dikutip Sky News.