6 Orang Alami Ruam Kulit Seperti Herpes Setelah Menerima Vaksin Pfizer, Penyebabnya?

6 Orang Alami Ruam Kulit Seperti Herpes Setelah Menerima Vaksin Pfizer, Penyebabnya?
6 Orang Alami Ruam Kulit Seperti Herpes Setelah Menerima Vaksin Pfizer, Penyebabnya? (Foto : )
Ilmuwan di Israel mengidentifikasi enam orang yang mengalami ruam kulit seperti herpes zoster dan diduga kuat hal tersebut sebagai efek samping vaksin Pfizer.
Ilmuwan di Israel mengidentifikasi enam orang yang mengalami ruam kulit seperti herpes zoster. Dalam jurnal Rheumatology, peneliti menduka kuat hal tersebut sebagai efek samping vaksin Pfizer.Dilansir dari
Jerusalem Post , gejala herpes zoster umumnya dimulai dengan ruam kulit kecil yang gatal. Namun, jika tidak segera diobati bisa menyebabkan kerusakan saraf dan nyeri. Adapula sensasi terbakar yang berkepanjangan pada kulit bahkan setelah ruam menghilang.Para peneliti dari Tel Aviv Sourasky Medical Center dan Carmel Medical Center di Haifa, menemukan mereka yang mengidap penyakit rematik inflamasi autoimun memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi herpes.“Dari 491 pasien, enam orang atau 1,2 persen mengalami infeksi,” kata peneliti seperti dikutip dari Fox News .Keenam pasien tersebut memiliki kasus ringan penyakit rematik inflamasi autoimun dan masih muda, meskipun infeksi umumnya lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun.Lima pasien di antaranya mengalami herpes zoster usai menerima dosis pertama vaksin Pfizer dan pasien keenam mengalami gejala tersebut pasca vaksinasi dosis kedua. Namun, belum jelas apakah vaksin Pfizer benar-benar menjadi penyebab kasus herpes zoster.Masih diperlukan penelitian lebih lanjut, salah satu implikasinya adalah pasien dengan penyakit rematik inflamasi autoimun didorong untuk mendapatkan vaksinasi herpes zoster, sebelum mendapatkan vaksin Covid-19. Namun, peneliti tetap menyarankan warga dengan kondisi sehat dan sesuai rekomendasi dokter tetap mendapatkan vaksinasi Covid-19 secepatnya.