Banjir di Kemang Mulai Surut, Sampah Kali Krukut Menggunung

Banjir di Sejumlah Titik Kawasan Kemang Jaksel Berangsur Surut
Banjir di Sejumlah Titik Kawasan Kemang Jaksel Berangsur Surut (Foto : )
Banjir yang melanda sejumlah titik di kawasan Kemang, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, berangsur surut sejak Jumat (19/2/2021) pagi.
Lurah Bangka Novia Ernita mengatakan ada 3 titik banjir terpantau di wilayahnya yakni Kemang Timur XI, Kemang Utara IX dan Kemang Utara VII."Kondisi terakhir posisi air sudah surut, ketinggian tinggal 30 sentimeter," katanya di Jakarta, seperti dilansir dari Viva.Novia menyebutkan air mulai naik menggenangi kawasan permukiman warga sejak Jumat (19/2/2021) pukul 03.50 WIB dengan ketinggian air bervariasi.Dijelaskan, genangan di Kemang Timur XI terjadi di RT 012/RW 03 dengan ketinggian air 15 sentimeter. Kemang Utara IX genangan terjadi di RT 011/RW 04 dengan ketinggian 25 sentimeter.Selanjutnya, genangan di Kemang Utara VII RT 012/RW 04 dengan ketinggian air 30 sentimeter dan Kemang Selatan XI berada di RT 03/RW 02 yang merupakan daerah rawan banjir tercatat nihil genangan.
Novi mengatakan, tidak ada warga yang mengungsi di tempat pengungsian. Beberapa warga yang rumahnya berada di posisi rendah mengungsi sementara ke rumah tetangganya yang lebih tinggi posisinya."Penyebabnya curah hujan tinggi sejak kemarin, terus Kali Mampang (Krukut) juga naik," ujarnya.Setelah banjir surut, aparat masih harus bahu-membahu membereskan sampah yang ikut hanyut luapan Kali Krukut di wilayah Kemang. Kasatpel Lingkungan Hidup Kecamatan Mampang Nandang Jumyati mengatakan, sebanyak 30 meter kubik sampah diangkat dari banjir di wilayang Bangka, Mampang Prapatan."Ada sekitar 30 kubikan sampah yang kami angkut dari kawasan banjir sejak semalam hingga saat ini, itu kami kirimkan ke Bantar Gebang," ujar Nandang kepada wartawan, Jumat (19/2/2021). Nandang menuturkan sampah-sampah itu berasal dari hanyutan luapan air di Kali Krukut dan terjaring tali air. Dengan truk khusus yang disediakan sampah-sampah itu dikeluarkan oleh petugas dari UPK Badan Air dari saluran air."Kami siapkan dan siagakan 4 truk khususnya di kawasan Bangka dan Pasar Kambing untuk mengangkut sampah itu," katanya.Selain itu, saluran air juga turut dibersihkan dari sampah yang menyangkut agar bisa mengalir kembali.