Ini Berbagai Jenis Olahraga untuk Mengurangi Risiko Osteoporosis

Ini Berbagai Jenis Olahraga untuk Mengurangi Risiko Osteoporosis
Ini Berbagai Jenis Olahraga untuk Mengurangi Risiko Osteoporosis (Foto : )
Berbagai jenis olahraga untuk mengurangi risiko osteoporosis adalah, olahraga kardiovaskular, latihan kekuatan atau beban, dan peregangan.
Menurut ahli terapi fisik ortopedi Jennifer Danzo, osteoporosis terjadi karena sel-sel yang memecah tulang lebih aktif daripada sel yang bertugas membangun tulang. Kondisi ini membuat kita berisiko mengalami patah tulang.“Osteoporosis seringkali terjadi saat seseorang yang mencapai usia 50 tahun ke atas,” kata Danzo.Kabar baiknya, ada berbagai jenis olahraga yang bisa membangun kembali tulang dan meminimalisir kemungkinan patah tulang. Berikut berbagai jenis olahraga untuk mengurangi risiko osteoporosis:
Olahraga kardiovaskular Latihan kardiovaskular seperti berjalan kaki, jogging, dan dansa  dapat membantu membangun kepadatan tulang. Jangan lupa untuk memperhatikan intensitas olahraga saat melakukan jenis olahraga ini.Cobalah lakukan latihan kardiovaskular dengan intensitas tinggi sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Lalu kombinasikan latihan intensitas tinggi tersebut dengan latihan intensitas rendah sebanyak empat hingga lima kali seminggu. Latihan kekuatan atau beban Latihan kekuatan bisa dilakukan dengan menggunakan beban bebas, mesin angkat beban di gym, atau senam lantai untuk menambah kekuatan. “Latihan angkat beban juga terbukti merangsang pertumbuhan tulang,” ucap Danzo.Ia menyarankan agar melakukan olahraga dengan fokus pada area yang rentan mengalami patah tulang seperti tulang belakang, pinggul, dan pergelangan tangan. Lakukan latihan ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya. Peregangan