Sederet Manfaat Kacang Hijau yang Perlu Anda Ketahui

Sederet Manfaat Kacang Hijau yang Perlu Anda Ketahui
Sederet Manfaat Kacang Hijau yang Perlu Anda Ketahui (Foto : )
Beberapa manfaat kacang hijau untuk tubuh di antaranya sebagai sumber protein nabati, sumber antioksidan, dan sumber vitamin B yang baik.
Kacang hijau adalah salah satu jenis palawija yang dapat tumbuh subur di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Mudahnya mendapatkan kacang hijau menjadikan kita gampang untuk mengonsumsi bahan pangan ini dalam berbagai jenis olahan makanan.Selain banyaknya jenis olahan makanan yang dapat dibuat dari kacang hijau, pangan ini juga digemari karena kandungan nutrisinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat mengonsumsi kacang hijau bagi kesehatan adalah mengurangi risiko penyakit kronis.Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik yang bisa kita konsumsi. Dilansir dari
Healthline , kacang hijau kaya akan asam amino esensisal seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginine, dan masih banyak lagi. Asam amino esensial sendiri merupakan senyawa yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sendiri.Selain sebagai sumber protein nabati, kacang hijau juga merupakan sumber antioksidan yang sehat. Beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam kacang hijau di antaranya asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan lain-lain.Antioksidan memiliki fungsi untuk menetralkan radikal bebas atau molekul yang berpotensi bahaya bagi tubuh. dalam berbagai riset, radikal bebas dalam jumlah tinggi, dapat menimbulkan kerusakan tubuh seperti peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan berbagai jenis penyakit lainnya.Dilansir dari Medical News Today , kacang hijau juga dikenal sebagai sumber vitamin B yang sangat baik, terutama kandungan folatnya. Folat sangat penting terutama bagi masa kehamilan. Kandungan ini dapat membantu mencegah beberapa kelainan kelahiran. Tak heran, beberapa pendapat kerap menempatkan kacang hijau sebagai makanan yang perlu dikonsumsi ibu hamil.