Kebiasaan Makan Tengah Malam Picu Gangguan Pencernaan dan Kenaikan Berat Badan

Kebiasaan Makan Tengah Malam Picu Gangguan Pencernaan dan Kenaikan Berat Badan
Kebiasaan Makan Tengah Malam Picu Gangguan Pencernaan dan Kenaikan Berat Badan (Foto : )
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan makan tengah malam dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan kenaikan berat badan.
Banyak orang yang memiliki kebiasaan makan tengah malam dengan berbagai alasan. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan makan tengah malam ini tidak baik bagi kesehatan jangka panjang.Dilansir dari
Self , salah satu bahaya makan tengah malam adalah gangguan pencernaan. Jarak antara waktu makan dan tidur berbaring yang terlalu dekat dapat menyebabkan penyakit asam lambung kambuh. Gejala asam lambung naik ditandai dengan asam lambung dari perut naik ke kerongkongan, rasa panas dan nyeri di dada atau perut atas, sampai sakit etnggorokan.Gangguan pencernaan lainnya yang bisa muncul dari kebiasaan ini adalah dispepsia atau sakit perut. Gejala dispepsia berupa rasa begah di perut, mual, atau perut terasa nyeri. Selain makan tengah malam, dispepsia bisa juga disebabkan oleh makan yang terlalu cepat, makan berlebihan, makanan berlemak dan berminyak, makanan terlalu pedas, minuman asupan tinggi kafein, alkohol dan soda.Melansir dari Live Strong , efek buruk makan tengah malam lainnya adalah peningkatan berat badan. Menurut penelitian yang diterbitkan di Penn Medicine (2017), makan tengah malam potensial meningkatkan berat badan, kadar gula darah, dan kolesterol. Ketiganya bisa jadi pemicu penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.Namun, penelitian ini masih memerlukan studi lanjutan dengan melibatkan populasi yang lebih besar dan beragam untuk menguatkan hasil temuan. Secara umum, tingkat kenaikan berat badan tersebut relatif atau sangat dipengaruhi oleh jenis asupan yang dikonsumsi sepanjang hari.Penambahan berat badan signifikan baru terjadi apabila Anda makan asupan tinggi kalori saat makan tengah malam atau mengudap camilan tinggi kalori saat larut malam. Jenis camilan  tinggi kalori menyebabkan penumpukan lemak di tubuh di antaranya keripik, kue kering, gorengan, makanan cepat saji, minuman manis dan lain lain.