China Gelar Festival Belanja Online Terbesar di Dunia

China Gelar Festival Belanja Online Terbesar di Dunia
China Gelar Festival Belanja Online Terbesar di Dunia (Foto : )
Perusahaan-perusahaan e-commerce China menggelar festival belanja online terbesar di dunia setiap 11 November, yang juga bertepatan dengan “Hari Jomblo” di China.
Festival belanja online terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap tanggal 11 November kerap disebut sebagai “hari raya” bagi warga lajang, dan menjadi “hari raya” juga bagi perusahaan e-commerce China. Pada hari ini, perusahaan e-commerce seperti Alibaba, JD.com, dan Pinduoduo menawarkan diskon besar-besaran di platform mereka.Tahun lalu, konsumen China menghabiskan sekitar $38,4 miliar atau Rp 540,3 triliun untuk belanja di Alibaba, Tmall, dan Taobao. Dilansir dari
Deutsche Welle , hari belanja online nasional (harbolnas) tahun ini akan diawasi dengan ketat sebagai barometer konsumsi China yang baru pulih akibat pandemi Covid-19.Sebuah survei yang dilakukan perusahaan konsultan Oliver Wyman, menemukan bahwa 86% konsumen China setidaknya akan menghabiskan uang dengan jumlah yang sama atau bahkan lebih, seperti harbolnas tahun lalu.“Dalam enam bulan terakhir ini, rumah tangga kaya sebenarnya menghabiskan lebih banyak uang,” kata Sean Shen, pemimpin divisi kompetensi pelanggan dan strategi untuk firma jasa profesional Ernst &Young di China. “Kami juga melihat pembelian produk mewah meningkat karena pembatasan perjalanan internasional.Untuk membantu pedagang mengatasi dampak dari virus corona, platform online telah memperpanjang periode festival belanja online tahun ini dengan harapan dapat meningkatkan penjualan. Baik Alibaba dan JD.com, dua e-commerce terbesar di China mulai menawarkan potongan harga sejak 21 Oktober, tingga minggu sebelum 11 November.Tidak seperti Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat (AS), Single’s Day atau Hari Jomblo di China bukan hanya tentang penawaran yang sangat murah. Alibaba mempelopori konsep Single”s Day dan mengadakan gala tahunan setiap 11 November dengan penampilan selebriti, untuk menghibur para pembeli.Penjualan yang dilakukan melalui streaming langsung dan pesta rutin tahunan Alibaba adalah bagian dari tren “Shoppertainment” yang memadukan belanja dengan hiburan agar lebih menarik konsumen. Bahkan tersedia juga game mini dalam platform belanja online yang dapat memikat pembeli dengan diskon lebih besar, sambil mendorong mereka menghabiskan lebih banyak di aplikasi.