Baru Tiba di Australia, Lima Anggota Keluarga Diplomat RI Positif Corona

australia foto reuters
australia foto reuters (Foto : )
Lima anggota keluarga diplomat RI dinyatakan positif corona atau Covid-19 saat baru tiba di Australia. Mereka sedang dikarantina di sebuah hotel di Sydney.
Kelima warga negara Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19 berasal dari dua keluarga diplomat. Seperti dilansir ABC Indonesia, mereka tiba di Australia pada 30 September 2020.Lantaran memiliki kekebalan diplomatik, kelima WNI itu menjalani karantina di tempat yang dapat dipilih perwakilan asing.Menurut keterangan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney, ketika menjalani isolasi mandiri di hotel, keluarga tersebut menunjukkan beberapa gejala Covid-19.KJRI Sydney telah berkoordinasi dengan Departemen Kesehatan New South Wales (NSW).
Sebelumnya, KJRI Sydney mengatakan keluarga diplomat tersebut sudah menjalani tes di Indonesia dengan hasil negatif.Namun, belum dapat dipastikan di mana kelima anggota keluarga diplomat itu tertular Covid-19. Sebelumnya, media Australia telah melaporkan hasil tes positif Covid-19 lima anggota keluarga diplomat RI pada akhir pekan lalu.Seperti harian Sydney Morning Herald (SMH) melaporkan, petugas NSW Health sedang melacak pergerakan anggota keluarga diplomat tersebut.Ini dilakukan untuk mengetahui apakah mereka melakukan kontak dengan orang lain saat terjangkit Covid-19.Beberapa staf KJRI Sydney yang sempat membantu kedatangan keluarga diplomat tersebut telah dites usap atau swab test dan hasilnya negatif Covid-19.Media setempat juga mempermasalahkan mengapa diplomat Indonesia tidak menjalani karantina ditempat yang sudah ditentukan pemerintah Australia.Namun Menteri Kesehatan NSW Brad Hazzard mengatakan pihaknya tidak keberatan dengan pengaturan tersendiri yang dilakukan oleh diplomat asing setibanya di Australia.