Waduh, Jarang Mandi Ternyata Punya Manfaat

Mandi 2 Kali Sehari Ternyata Tidak Sehat Lho, Kenapa Ya?
Mandi 2 Kali Sehari Ternyata Tidak Sehat Lho, Kenapa Ya? (Foto : )

www.antvklik.com - Rata-rata orang Indonesia mandi 2 hari sekali. Biasanya 1 kali di pagi hari dan 1 kali di sore hari. Tapi tahukah kamu kalau jarang mandi malah punya banyak manfaat? Ya, dalam sebuah penelitian, sering mandi ternyata tidak sehat. Menurut para  ilmuwan orang yang jarang mandi justru lebih sehat dibanding orang yang sering mandi.

Mandi 2 Kali Sehari Ternyata Tidak Sehat Lho

Studi ini dilakukan dengan menggunakan sample orang-orang dari suku primitif  Yanomami di pedalaman hutan Amazon. Para peneliti menemukan bahawa kebiasaaan jarang mandi atau bersentuhan dengan air membuat mereka selamat dari 'predator.' Dilansir dari iflscience.com, predator yang dimaksud adalah hewan buas, serangga dan juga suku lain yang mendiami wilayah sekitar sungai.

Ilmuan juga menemukan kalau kulit warga suku Yanomami memiliki kompleksitas bakteri yang tinggi akibat jarang mandi. Itu menjadi antibiotik alami untuk mereka yang menghindarkan dari banyak penyakit. Selain itu bila di telaah dari sisi ilmiah, kompleksitas bakteri terkait merupakan sekumpulan mikro bioma yang penting untuk menunjang kelancaran sistem imun, pencernaan, dan fungsi hati.

Jika kompleksitas bakteri ini berkurang, maka sistem pertahanan tubuh pun akan rentan terhadap serangan virus penyakit, apalagi di daerah beriklim tropis yang lembap, di mana virus bakteri jahat mampu berkembang biak dengan cepat. Jadi berapa kali dalam sehari seharusnya kita mandi? disarankan kita mandi sehari sekali, karena bahan kimia pada sabun berisiko mengurangi tingkat kelembapan kulit jika digunakan terlalu sering.