Kabar Duka dari Amitabh Bachchan dan Anil Kapoor, Sutradara Bollywood Prayag Raj Meninggal Dunia

Kabar Duka dari Amitabh Bachchan dan Anil Kapoor, Penulis Skenario dan Sutradara Bollywood Prayag Raj Meninggal Dunia
Kabar Duka dari Amitabh Bachchan dan Anil Kapoor, Penulis Skenario dan Sutradara Bollywood Prayag Raj Meninggal Dunia (Foto : Kolase Istimewa)

AntvKabar Duka dari Amitabh Bachchan dan Anil Kapoor. Penulis skenario dan sutradara veteran Prayag Raj meninggal dunia dan kematian yang mendadak, telah membuat seluruh industri film India terkejut.

Prayag Raj yang telah menjadi nama besar di industri film India sejak lama, menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Sabtu (23/9/2023), di kediamannya di Mumbai.

Segera setelah berita duka ini tersiar, beberapa selebritis dari Amitabh Bachchan hingga Anil Kapoor menggunakan akun media sosial mereka untuk memberikan penghormatan kepada sang sutradara.

Mengambil cerita di akun Instagram, Anil Kapoor, yang bekerja bersama Prayag Raj dalam film 'Hifazat' mengungkapkan kesedihannya atas meninggalnya sang sutradara.

Anil Kapoor pada hari Minggu (24/9/2023), menulis, "Saya sangat sedih atas meninggalnya almarhum Prayag Raj. Bekerja bersamanya di Hifazat adalah sebuah kehormatan. Semoga jiwanya beristirahat dengan tenang." Ia juga membagikan sebuah foto dari set Hifazat.

Sementara itu legenda Bollywood Amitabh Bachchan membagikan berita kematian Prayag Raj di blog pribadinya.

Pria yang akrab disapa Big B itu menulis, "malam terakhir kami telah kehilangan satu lagi pilar dari Industri Film kami yang hebat... PrayagRaj meninggal dunia pada pukul 4 sore kemarin."

Diketahui, Amitabh Bachchan dan Prayag Raj telah bekerjasama dalam film-film seperti 'Amar Akbar Anthony', 'Naseeb' dan 'Coolie'.

Diketahui, Prayag Raj lahir di Allahabad, Kota UP bagian timur, dan kebetulan diberi nama sesuai kota tersebut. Ayahnya, Ram Das'Azad,' adalah seorang penyair terkenal pada masanya.

Ayahnya meninggal ketika dia masih muda, jadi dia mulai bekerja untuk menghidupi keluarganya secara finansial. Dia dulu bekerja untuk Teater Prithvi di Mumbai dan melanjutkan pendidikannya.

Setelah berjuang selama beberapa tahun pada awalnya, dia mulai mendapatkan pekerjaan yang bagus di industri tersebut.

Mendiang Prayag Raj memiliki dua putra Aditya Raj dan Rahul Raj. Rahul berkecimpung dalam industri film dan menjuluki film-film Hollywood ke dalam bahasa Hindi.

Aditya awalnya berkecimpung di industri ini sebagai asisten sutradara tetapi kemudian memutuskan untuk meninggalkan industri tersebut.

Prayag Raj mulai berakting setelah Teater Prithvi ditutup. Film pertamanya adalah Aag (1948) dan Awara (1951).

Prayag Raj mendapatkan pekerjaan menulis pertamanya di film tahun 1963 Phool Bane Angaare. Selama hari-hari awal perjuangannya, dia berteman dengan , yang memperkenalkannya Pedagang Ismail dan James Gading.

Trio ini membintangi banyak film termasuk film terkenal, The Householder, yang dialog-dialog Hindinya ia tulis.

Sebagai sutradara, ia membuat beberapa film seperti Paap Aur Punya (1974), Ponga Pandit (1975), Chor Sipahee (1977), dll.

Tugasnya sebagai sutradara tidak bertahan lama karena film-filmnya tidak terlalu sukses. Tapi Prayag Raj telah menyutradarai berbagai macam aktor.

Prayag Raj juga telah membuat beberapa skenario seperti di Gurudev, Parvarish (1977), Roti, Aa Gale Lag Jaa (1973), dll.

Prayag Raj telah menulis banyak film seperti Jhuk Gaya Aasman (1968), Dharam Karam (1975), Amar Akbar Anthony (1977), Gangga Jamuna Saraswathi (1988), dll.

Prayag Raj juga telah berakting di Jab Jab Phool Khile (1965), Bombay Talkie (1970), In Custody (1993), The Guru (1969), dll.

Penulisan skenarionya telah membuat kepribadian yang diakui dalam film persaudaraan. Pada tahun 1983 ia juga menyanyikan lagu 'Accident Ho Gaya' untuk film Lakshmikant-Pyarelaal, 'Coolie.'

Di lagu Junglee, dia memberikan nada pembuka 'Yahoo.' Dia juga bekerja sebagai penulis lirik dengan sutradara musik Anu Malik dalam film Mard (1985) dan Allah Rakha (1986).

Prayag Raj adalah kepribadian yang berpengalaman dan inspiratif yang hingga akhr hayatnya menjadi salah satu penulis naskah paling sukses.