20 Fakta Menarik FIlm 'Dilwale Dulhania Le Jayenge', Kajol Sempat Menolak Adegan Hanya Pakai Handuk

20 Fakta Menarik FIlm 'Dilwale Dulhania Le Jayenge'
20 Fakta Menarik FIlm 'Dilwale Dulhania Le Jayenge' (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Film Bollywood 'Dilwale Dulhania Le Jayenge' telah merajai layar perak sejak 28 tahun lalu, tetapi pesonanya tak pernah memudar hingga saat ini masih diputar di bioskop India.

Dibintangi oleh pasangan serasi Shah Rukh Khan dan Kajol, film ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam karier keduanya.

Film Bollywood legendaris, Dilwale Dulhania Le Jayenge (DDLJ), telah menghiasi dunia perfilman selama hampir tiga dekade sejak dirilis pada tahun 1995.

Dalam perjalanan panjangnya, film ini berhasil mengekalkan daya tariknya yang tak tergoyahkan dan telah mencetak sejarah dalam dunia perfilman India.

Berikut fakta menarik film 'Dilwale Dulhania Le Jayenge' yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Shah Rukh Khan Bukan Pilihan Utama Melainkan Tom Cruise

Shah Rukh Khan dianggap sukses memerankan Raj dalam film Dilwale Duhania Lejayenge. Namun rupanya, suami Gauri Khan itu bukanlah pilihan utama.

Sebelum Shah Rukh Khan, film ini rencanya akan dibintangi aktor Hollywood Tom Cruise dan Saif Ali Khan untuk memadukan unsur Hollywood dan Bollywood.

Namun karena naskah yang dianggap kurang pas, Aditya Chopra selaku sutradara membatalkan rencananya tersebut. Dia kemudian meminta Shah Rukh Khan menjadi aktornya.

2. Shah Rukh Khan 4 Kali Menolak Bermain di Film Dilwale Dulhania Le Jayenge

Saat ditawari film DDLJ, Shah Rukh Khan tidak langsung menerima. Rupanya SRK mengaku tak suka membintangi film romance. Selain itu, ia juga merasa terlalu tua untuk memerankan tokoh tersebut.

Shah Rukh Khan akhirnya menerima tawaran tersebut setelah ngbrol dengan Yash Chopra, ayah Aditya Chopra selaku sutradara.

Saat berbincang, Yash memberi tahu ke Shah Rukh Khan, bahwa ia tidak akan sukses menjadi bintang sebelum membintangi film romansa.

Shah Rukh Khan pun akhirnya menuruti ucapan sineas yang sangat dihormati itu. Dan ucapan Yash Chopra pun tak meleset.

3. Judul film Dilwale Dulhania Le Jayenge diambil dari film Chor Machaye Shor yang dirilis pada tahun 1974

Film Dilwale Dulhania Le Jayenge diambil dari salah satu lagu di film Chor Machaye Shor yang dirilis pada 1974 dan dibintangi Shashi Kapoor dan Mumtaz.

Orang yang memberikan saran untuk judul film ini adalah aktris Kirron Kher, istri Anupham Kher, yang menjadi ayah Shahrukh khan di film DDLJ.

Awalnya, judul film ini dianggap terlalu panjang hingga tak disukai Shah Rukh Khan dan kru lainnya. Tapi Adit sebagai sutradara justru menyukainya.

4. Syuting Sempat Diprotes Para Petani

Salah satu lagu yang terkenal di film Dilwale Dulhania Le Jayenge adalah "Tujhe Dekha To Jana Sanam". Di lagu ini, Shah Rukh Khan dan Kajol bertemu di sebuah ladang yang luas, dan menjadi salah satu adegan paling ikonik di film ini.

Tapi rupanya, saat proses syuting lagu ini sempat mengalami kendala. Para petani pemilik ladang marah karena lahan mereka rusak.

Melihat hal ini, Shah Rukh Khan turun tangan langsung dan berbicara kepada para petani dengan bahasa mereka. Setelah itu, para petani pun mengizinkan Shah Rukh Khan dan tim melanjutkan syuting.

5. Shah Rukh Khan Sengaja Menjatuhkan Kajol saat Menyanyikan Lagu

Shah Rukh Khan merupakan aktor yang senang berinprovisasi. Saat syuting lagu "Ruk Ja O Dil Deewani", Shah Rukh mengeluarkan idenya.

Salah satunya ketika Shah Rukh Khan menjatuhkan kajol ke lantai, itu merupakan adegan yang sama sekali di luar arahan koreografer.

Wajah Kajol saat dilepas dan jatuh ke lantai pun sangat natural dalam lagu tersebut.

6. Sutradara (Aditya Chopra) Sembunyi di Belakang Mobil

Saat perjalanan Simran dan Kaj ke Zurich mengenakan mobil merah, ternyata Aditya Chopra selaku sutradara terbaring di kursi belakang.

Ia tiduran di kursi belakang sambil memantau adegan demi adegan mesra yang dijalani sang aktor.

7. Jaket Shah Rukh Khan seharga US$400

Jaket kulis Sha Rukh Khan yang ikonik di film Dilwale Dulhania Le Jayenge menjadi salah satu yang mencuri perhatian.

Rupanya jaket itu spesial dibeli Uday Chopra (aktor dan adik Aditya Chopra) di California, Amerika Serikat. Jaket tersebut seharga US$400.

8. Kajol Menolak Adegan Hanya Memakai Handuk

Kajol sempat ragu saat syuting lagu "Mere Khwabon Mein", di mana dia menari di sekitar kamar hanya mengenakan handuk. Dia tak suka dengan adegan tersebut.

"Omong kosong apa ini? Aku bukan artis seperti itu," begitu kira-kira kata Kajol, yang mengira adegan tersebut akan mengumbar keindahan tubuhnya.

Namun Aditya Chopra meyakinkan kalau ia akan membuat adegan tersebut dengan sangat berkelas.

9. Rok Kajol Dipotong Mendadak di Lokasi Syuting

Itu terjadi saat syuting lagu "Mere Khwabon Mein". Manish Malhotra selaku penanggung jawab fashion memotongnya karena Adi menilai itu terlalu panjang.

10. Aditya Chopra Cuma Butuh Satu Bulan untuk Menyelesaikan Naskah Dilwale Dulhania Le Jayenge

Film Dilwale Dulhania Le Jayenge mungkin menjadi film paling sukses sepanjang masa. Namun rupanya, naskah film tersebut hanya diselesaikan dalam waktu kurang dari sebulan.

Sepertinya Aditya Chopra memang sudah punya visi yang jelas untuk film ini. Dengan demikian tak heran suami akrtis Rani Mukerji ini bisa dengan cepat menyelasaikan penulisan naskah hanya tiga sampai empat pekan.

"Setiap hari dia akan mendiskusikan film dan konsep intinya dengan saya. Tapi hanya sekadar minta masukan. Paling banyak dia menyortir film di kepalanya sendiri, dan kemudian menulisnya dengan cepat," kata Karan Johar, yang saat itu menjadi asisten Aditya Chopra.

11. Adegan Ranjang Shah Rukh Khan dan Kajol Dilakukan Berkali-kali

Di film Dilwale Dulhania Le Jayenge ada sebuah adegan ranjang yang cukup ikonik. Rupanya, adegan tersebut dilakukan berkali-kali.

Kajol selalu tertawa setiap Shah Rukh Khan melepas kancing bajunya. Dari tertawanya yang terekam video, Kajol seperti gugup harus menghadapi Shah Rukh Khan di atas tempat tidur.

12. Lagu "Mere Khawabon Mein" ditulis 24 kali

Lagu "Mere Khawabon Mein" ditulis oleh Anang Baskhi dan dia sampai ditolak sebanyak 24 kali oleh Aidtya Chopora.

14. Armaan Kohli Hampir Perankan Kuljeet Singh

Kuljeet Singh di film Dilwale Dulhania Le Jayenge diperankan oleh Parmeet Sethi. Sebelum jatuh ke Parmeet, Armaan Kohli sempat melakukan audisi untuk peran tersebut. Namun Aditya Chopra tak menyukainya dan lebih memilih Parmeet.

Saat audisi, Parmeet Sethi datang dengan mengenakan sepatu booth dan jaket kulit. Aditya Chopra langsung merasa Parmeet cocok untuk peran Kuljeet Singh.

15. Adegan lagu "Rukh Ja O Dil Deewane" dilakukan hanya sekali take.

Hal itu membuktikan kepiawaian seorang Shah Rukh Khan dan menjalankan adegan tersebut.

16. Film Dilwale Dulhania Le Jayenge Terinspirasi dari Dilm Hollywood

Salah satu adegan film Dilwale Dulhania Le Jayenge yang terinspirasi dari film Hollywood adalah saat adegan Palak bertemu di sebuah jembatan.

Adegan itu terinsiprasi dari film In The Line of Fire yang dibuat tahun 1993. Begitu juga adegan saat Raj membantu Bibi Simran juga terinspirasi dari film Hollywood berjudul Witness for The Prosecution.

17. Shah Rukh Khan Sampaikan Kepada Yash Chopra Bahwa Film Dilwale Dulhania Le Jayenge Bakal Sukses

Serelah menonton film Dilwale Dulhania Le Jayenge, Shah Rukh Khan langsung memberitahu Yash Chopra bahwa film tersebut bakal terkenal.

18. Dilwale Dulhania Le Jayenge Jadi Film Terlaris

Film Dilwale Dulhania Le Jayenge terbukti menjadi salah satu film terlaris dalam sejarah perfilman India dan terus diputar di teater selama lebih dari 25 tahun.

19. Film Dilwale Dulhania Le Jayenge Raih 10 Penghargaan

Film Dilwale Dulhania Le Jayenge mendapatkan banyak penghargaan, termasuk 10 Penghargaan Filmfare, salah satu penghargaan terkemuka dalam industri film India.

20. Film Dilwale Dulhania Le Jayenge Dikenal dengan Dialog-dialognya yang Ikonik

Film Dilwale Dulhania Le Jayenge dikenal dengan dialog-dialognya yang ikonik, seperti "Bade bade deshon mein aisi chhoti chhoti baatein hoti rehti hai, Senorita" ("Di negara-negara besar, hal-hal kecil seperti itu sering terjadi, Senorita").