10 Film Bollywood tentang Ketegangan Umat Muslim dan Hindu di India

MV5BMDk2MGZkM2MtMjhlOC00OTAwLWE0NDctNmJlYmM1OTk0ZGQwXkEyXkFqcGdeQXVyMjQwOTU5NTg@._V1_
MV5BMDk2MGZkM2MtMjhlOC00OTAwLWE0NDctNmJlYmM1OTk0ZGQwXkEyXkFqcGdeQXVyMjQwOTU5NTg@._V1_ (Foto : )

Industri Bollywood terkenal dengan deretan filmnya yang fenomenal. Segala aspek mungkin bisa saja dibuat menjadi film Bollywood, termasuk soal ketegangan antara umat Muslim dan Hindu di India.

Di bawah ini ada sederet film Bollywood yang jalan ceritanya mengisahkan tentang ketegangan antara umat Muslim dan Hindu di India. Ingin tahu apa saja filmnya? Langsung simak artikel berikut ini yang dilansir dari laman The IndianExpress pada Kamis, 4 Agustus 2022.

1. Shorgul 

Film bergenre thriller-political ini didasarkan dari peristiwa kerusuhan Muzaffarnagar 2013 antara umat Hindu dan Muslim. Rilis tahun 2016, film ini dibintangi oleh Jimmy Sheirgill, Ashutosh Rana, Suha Gezen, Shashie Verma, dan lain-lain. 

2. Garam Hawa (1973) 

Disutradarai oleh MS Sathyu, film yang dibintangi oleh Balraj Sahni ini membahas tentang nasib seorang pengusaha Muslim India Utara dan keluarganya pada masa pasca Pemisahan di India. Ini menunjukkan dilema keluarga Muslim apakah akan pindah ke Pakistan karena ketegangan komunal setelah pembunuhan Mahatma Gandhi. Film ini menjadi salah satu dari sedikit film serius yang berhubungan dengan penderitaan umat Islam pasca 1947 di India.

3. Bombay (1995)