Pemilu 2024, Senopati Syndicate: Ujian Netralitas TNI untuk Panglima Agus Subiyanto

Dilantik Presiden Pagi Ini, Jenderal TNI Agus Subiyanto Resmi Jabat Kasad
Dilantik Presiden Pagi Ini, Jenderal TNI Agus Subiyanto Resmi Jabat Kasad (Foto : Dok. Dispenad)

Antv – Jenderal TNI Agus Subiyanto yang belum sebulan menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI sejak 15 Oktober 2023, diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi panglima TNI.

Jendral Agus diusulkan sebagai calon tunggal untuk panglima TNI menggantikan Yudo Margono yang akan pensiun 26 Nopember bulan ini. Agus menjabat panglima TNI di saat, Indonesia sedang membutuhkan ekstra ketat bidang keamanan dalam negeri, khususnya menjaga kredibilitas penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024 nanti.

Hal itu disebabkan terkait kredibititas penyelenggaraan pemilu yang notabene akan menjamin kredibilitas penampilan pemerintahan ke depan. 

Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi Sugara mengatakan selain persoalan pertahanan yang sudah pasti dibahas dalam Fit and Proper Test di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), satu hal yang harus menjadi fokus Agus dalam beberapa bulan ke depan.

Atau paling tidak selama mendampingi Presiden Jokowi yang usia pemerintahannya akan berakhir satu tahun lagi.

img_title
Robi Sugara, Direktur Eksekutif Senopati Syndicate. (Foto: Rangga/ANTVklik.com)

"Dia harus fokus pada menjaga netralitas TNI pada penyelenggaraan Pemilu 2024, khususnya pada pemilihan presiden di mana ada anak dari Presiden Jokowi, Gibran Pangarep menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden Prabowo Subiyanto," kata Robi di Jakarta Senin, 13 November 2023.